Penetrasi Pakai Pelumas, Apakah Aman? Begini Kata Ahlinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 04:53 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 03 481 1881365 penetrasi-pakai-pelumas-apakah-aman-begini-kata-ahlinya-dM1M2B6G3B.jpg Bercinta dengan Pasangan (Foto: Shutterstock)

SEKS adalah sesuatu yang harusnya bisa dinikmati oleh kedua pihak. Ketika salah satunya merasa kurang nyaman, maka yang harus dilakukan adalah mencari solusi bukan malah "kapok".

Nah, pada banyak kasus, biasanya rasa kurang nyaman itu muncul saat si perempuan merasa nyeri yang teramat saat melakukan penetrasi. Ini wajar sekali terjadi pada mereka yang masih belum punya banyak pengalaman, atau memang pada perempuan yang memiliki kontur Miss V yang cukup rapat.

Untuk mengatasi masalah ini, cara paling tepat adalah dengan memperbaiki foreplay untuk menciptakan suasana hati yang baik. Sebab, salah satu penyebab nyeri bisa karena stres yang tinggi.

Selain memperbaiki foreplay, Anda juga bisa menggunakan pelumas untuk membuat Miss V terasa lebih nyaman. Namun, penggunaan pelumas ini banyak dipertanyakan kaum Hawa. Beberapa beranggapan penggunaan pelumas itu tidak perlu, tapi ada yang menganggap itu penting. 

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RS Pondok Indah - Puri Indah dr. Grace Valentine, SpOG, coba menjawab kebingungan ini.

"Yang mesti diketahui, Miss V secara alami akan mengeluarkan cairan ketika bagian sensitifnya terkena rangsangan. Nah, cairan itu yang kemudian menjadi pelumas alami," terang dr. Grace pada Okezone beberapa waktu lalu. Namun, masalah muncul ketika cairan alami Miss V itu sudah tidak lagi diproduksi secara baik. Alhasil, saat penetrasi, Miss V akan kering dan itu menyakitkan.

Karena itu kemudian penggunaan pelumas menjadi penting. Biasanya, sambung dr. Grace, mereka yang cairan Miss V-nya sudah berkurang, adalah perempuan yang sudah mengalami menopause atau memang pada perempuan yang mengalami masalah organ kewanitaan.

"Pada mereka yang mengalami gangguan cairan Miss V, pelumas sangat direkomendasikan. Tapi, jika Anda yang dirasa masih memproduksi cairan alami Miss V dan tetap ingin menggunakan pelumas supaya penetrasi lebih nyaman, ya, silahkan pakai," papar dr. Grace.

Dr. Grace menekankan bahwa penggunaan pelumas bukan sesuatu yang salah. Pelumas juga tidak membuat iritasi pada Miss V atau Mr Happy, jadi cukup aman untuk dipakai. "Hal yang menjadi penting adalah pastikan tangan Anda bersih sesaat sebelum mengoleskan pelumas agar tidak ada kuman yang menempel di sana," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini