nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Badminton Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 15:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 03 481 1881442 olahraga-badminton-dapat-menurunkan-tekanan-darah-tanpa-obat-lz5wREseUX.jpg Badminton (Foto: Sportaspire)

SETIAP orang memiliki cara masing-masing untuk menghabiskan waktu luang. Namun akan lebih baik bila waktu tersebut diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berlatih yang ringan bahkan cenderung kesukaan seperti bermain badminton.

Bermain badminton meskipun terlihat sederhana nyatanya membawa banyak dampak positif bagi kesehatan. Melansir MensXP, Selasa (3/4/2018), berikut sederet manfaat dari badminton:

BACA JUGA:

Mulai Sekarang Jangan Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan Ya! Berbahaya untuk Kesehatan

Cara mudah menurunkan berat badan

Bermain Badminton selama satu jam sehari membantu membakar 480 kalori. Bila kegiatan ini dijadikan kebiasaan, Anda bisa kehilangan berat badan minimal 4 kg dalam waktu satu bulan. Badminton merupakan olahraga yang sangat melelahkan karena memanfaatkan hampir setiap otot di tubuh.

Membentuk otot dan melatih fisik

Setiap gerakan untuk memukul kok merupakan latihan untuk membentuk otot terutama di bagian abs. Gerakan dalam badminton juga sangat bagus untuk betis, bokong, serta paha bagian depan dan belakang.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Badminton membantu dalam peningkatan fungsi kardio sehingga membuat tubuh terbiasa berkeringat secara alami. Keringat tentunya membuang racun yang berada di tubuh. Dengan begitu tubuh terasa ringan dan bebas beban.

Meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi

Segala jenis olahraga termasuk badminton akan membuat seseorang lebih waspada dan membantu berkonsentrasi pada pekerjaan. Kondisi itu membuat Anda lebih gesit dan mengembangkan kekuatan untuk menahan tekanan fisik.

Membantu fungsi jantung

Dinding jantung mungkin tersumbat karena tingginya kadar kolesterol. Akan tetapi badminton dapat memperkuat otot-otot jantung untuk menghindari dampak tersebut. Bahkan orang-orang yang sebelumnya telah terkena penyakit jantung kondisinya akan lebih baik dengan berlatih badminton. Tentunya berada dalam pengawasan medis.

Membuat tulang lebih padat

Badminton membantu pertumbuhan sel-sel yang membentuk tulang dan mengakumulasi matriks kalsium sehingga memperkuat penampilan fisik secara keseluruhan.

Mengurangi risiko diabetes

Berlatih badminton selama satu jam membantu menurunkan kadar gula darah. Hal itu membuat tubuh terhindar dari penyakit seperti diabetes.

BACA JUGA:

Bolehkah Langsung Berhubungan Seks Setelah Suntik KB?

Obat untuk hipertensi

Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi dan ingin menjaga kondisi tanpa harus bergantung dengan obat-obatan, badminton bisa menjadi solusinya. Badminton dapat menurunkan tekanan darah dan menghasilkan bahan kimia yang melawan sifat kecanduan obat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini