nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbang ke Paris, 3 Mahasiswa Indonesia Berkompetisi di Ajang Inovasi Salon Internasional

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 04:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 05 194 1882309 terbang-ke-paris-3-mahasiswa-indonesia-berkompetisi-di-ajang-inovasi-salon-internasional-cZW6hGT5xh.jpg

PERSAINGAN bisnis salon kecantikan kini semakin ketat. Untuk itu, kreasi dan inovasi sangat penting dilakukan guna memberi pelayanan yang memuaskan bagi konsumen.

Generasi milenial yang sangat memahami kebutuhan pasar secara global saat ini, menjadi tonggak harapan untuk memberi ide dan mencipatkan inovasi baru yang menjawab tantangan di bidang bisnis salon. Melalui kompetisi

Di ajang Brandstorm 2018, mahasiswa Indonesia ditantang untuk menciptakan inovasi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan salon.

Diikuti oleh 720 peserta di Indonesia yang dibagi menjadi beberapa tim mewakili berbagai kampus, akhirnya tim Parstee dari Universitas Prasetya Mulya terpilih menjadi pemenang L’Oreal Brandstorm 2018 dengan inovasi mereka yang berjudul ‘The Real Experience : Innovative Holistic Salon Experience'.

Nantinya, tim Parstee akan bersaing dengan 42 tim lainnya dari seluruh dunia dalam final internasional yang diadakan di Paris pada tanggal 17 Mei 2018.

Dalam kompetisi ini, mereka berhasil menjawab tantangan kompetisi tahun ini yang bertajuk “Invent the Professional Salon Experience of the Future”, di mana para mahasiswa harus menciptakan terobosan inovasi salon profesional yang dapat menarik dan mengajak generasi milenial serta meningkatkan kesetiaan terhadap penata rambut dengan memanfaatkan layanan baru, solusi digital dan teknologi terkoneksi.

Erica Christina, anggota tim Parstee memaparkan tentang ide dan inovasi yang mereka beri judul, The Real Experience: Innovative Holistic Salon Experience. Di sini ia dan timnya mencipatakan aplikasi khusus pencarian salon hingga digitalisasi salon itu sendiri untuk memudahkan konsumen.

"Di aplikasi tersebut tersedia menu pencarian salon hingga penerapan smart mirror untuk membaca tipe rambut sampai personal assisten untuk memilih hairdresser sendiri, sehingga keluhan lamanya waktu menunggu atau mengantre di salon dapat teratasi," papar Erica.

Anggota lainnya Yaafi Yulio menyatakan, Brandstorm memberikan pengalaman yang sangat seru dan berharga. "Melalui kompetisi ini kami benar-benar diajarkan berpikir layaknya inovator dan wirausahawan. Kami mengalami bagaimana rasanya bekerja di sebuah perusahaan yang inovatif dan dinamis, dan dibimbing oleh para eksekutif."

Sementara itu, Umesh Phadke, Presiden Direktur, PT L’Oreal Indonesia memaparkan alasan memeraka memilih tim Parstée sebagai pemenang.

"Menurut kami tim mereka sangat menyeluruh dalam menawarkan inovasi pelayanan holistik di salon profesional. Inovasi mereka dapat menjawab tantangan yang diberikan kepada pada finalis," jelas Umesh saat ditemui Okezone di Jakarta, Rabu (4/42018).

Elice Tamara, anggota lain dari tim Parstée membagi pengalamannya mengikuti kompetisi ini. Baginya ajang ini memberik kesempatan bagi mereka berkompetisi di Paris melawan negara-negara dari seluruh dunia.

"Kami bangga bisa mewakili negara dan universitas, dan berkesampatan mengharumkan nama bangsa."

(Baca Juga: 5 Fakta di Balik Pemecatan Dokter Terawan karena Metode 'Cuci Otak')

Sebagai bekal menuju kompetisi di Paris, ketiga mahasiswa ini akan diberi bekal oleh pihak penyelenggara kompetisi untuk meningkatkan skill yang mereka punya agar siap berlaga di babak final.

“Selama satu bulan ke depan, sebelum keberangkatan ke Paris, kami akan terus memberikan dukungan kepada mereka agar siap berkompetisi di babak final internasional terutama dalam meningkatkan soft skills yang akan membantu tim mempresentasikan ide dan menyampaikan pesan untuk menjual inovasi yang mereka tawarkan,” tutup Restu Widiati, Head of Human Resources PT L’Oreal Indonesia.

Babak final Brandstorm 2018 di Paris memperebutkan gelar juara untuk 3 kategori, yaitu Brand Award, penghargaan bagi inovasi terbaik dengan strategi marketing yang terintegrasi dan fokus terhadap konsumen dan hairdresser profesional, Tech Award, penghargaan bagi inovasi terbaik dengan jasa yang mengaplikasikan teknologi kepada konsumen dan hairdresser profesional, dan CSR Award, penghargaan bagi inovasi berkelanjutan yang memiliki dampak positif terhadap komunitas.

(Baca Juga: Artis-Artis Tanah Air Ini Awet Muda, Kamu Enggak Bakal Sangka Umurnya)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini