Chef Profesional Ungkap Tips Membuat Makanan Berkeju yang Lezat dan Tidak Bikin Mual

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 298 1882712 chef-profesional-ungkap-tips-membuat-makanan-berkeju-yang-lezat-dan-tidak-bikin-mual-ZXQyQ2mZ9D.jpg Ilustrasi (Foto: BBC)

PRANCIS tidak hanya dikenal sebagai negara yang memiliki beragam ikon wisata ternama seperti Menara Eiffel atau Museum Louvre. Negara ini juga menjadi salah satu pusat kuliner dunia yang terus menawarkan berbagai inovasi menarik.

Anda mungkin sudah familiar dengan foie gras, macaron, hingga olahan lava cake yang sempat booming beberapa waktu lalu. Deretan makanan itu tidak lain adalah hasil kreasi tangan dingin dari para chef profesional Prancis.

Namun tidak dipungkiri bahwa mayoritas makanan Prancis diolah dengan beberapa bumbu khusus, salah satunya adalah keju. Uniknya, jika dibandingkan dengan jenis makanan berkeju lainnya, kuliner Prancis ternyata menyuguhkan cita rasa yang pas dan tidak menimbulkan rasa mual yang sering kita jumpai di banyak jenis makanan western pada umumnya.

Menurut Chef Cedric Vongerichgen, selaku Executive Chef dari VONG kitchen, sebetulnya ada beberapa trik khusus untuk membuat olahan keju yang lezat dan sesuai dengan lidah orang banyak. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah komposisi makanan yang hendak digunakan.

"Harus ditemukan keseimbangan kompisisinya terlebih dahulu. Jangan sampai keju mendominasi rasa makanan. Jadi menentukan kuantitas bahan dasar itu sangat penting untuk diperhatikan," tutur Cedric Vongerichgen, dalam konferensi pers pembukaan VONG Kitchen di SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2018).

Selain komposisi, ada satu lagi cara ampuh untuk menyamarkan dan menetralisir rasa keju yang berlebihan yaitu, menambahkan unsur asam pada masakan. Anda bisa menggunakan jeruk nipis atau air perasan lemon untuk menghasilkan sensasi rasa segar.

"Menambahkan unsur asam itu sangat ampuh untuk menghasilkan cita rasa masakan yang pas dan tentunya menyegarkan. Tapi perlu diingat bahwa penambahan asam itu juga tidak boleh terlalu banyak atau mendominasi bumbu yang kita gunakan," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini