Kesehatan Tulang hingga Mengurangi Risiko Terkena Flu, Manfaat Vitamin D bagi Tubuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 05 481 1882458 kesehatan-tulang-hingga-mengurangi-risiko-terkena-flu-manfaat-vitamin-d-bagi-tubuh-wX9uD4GzUg.jpg Vitamin D (Foto: WUWM)

MEMILIKI tubuh yang sehat, siapa sih yang tidak mau? Untuk memiliki tubuh yang sehat, tentunya tubuh juga harus cukup mendapatkan asupan vitamin.

Bicara soal asupan vitamin, selama ini familiar terdengar salah satu vitamin penting untuk tubuh ialah vitamin D. Well, tahukah Anda bahwa vitamin D yang juga dikenal dengan nama vitamin sinar matahari ini sebenarnya bukanlah vitamin tapi dianggap sebagai pro-hormon. Vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh dan oleh karena itu harus diambil melalui diet kita. Namun, vitamin D dapat disintesis oleh tubuh ketika sinar matahari mengenai kulit kita.

Terlepas dari hal itu, vitamin D sendiri dikatakan memiliki banyak peran dalam tubuh. Apa saja sebetulnya manfaat yang diberikan oleh vitamin D bagi tubuh? Melansir Medicalnewstoday, Kamis (5/4/2018) berikut uraiannya.

 BACA JUGA:

Serasa Rumah Sendiri, Perempuan Ini Tidur di 3 Kursi Premium Pesawat Sambil Main Handphone!

Menyehatkan tulang

Vitamin D memainkan peran penting dalam pengaturan kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah, yang mana dua faktor ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menyerap kalsium dalam usus dan untuk memperoleh kembali kalsium yang seharusnya dikeluarkan melalui ginjal.

Mengurangi risiko terkena flu 

Manfaat vitamin D lainnya untuk tubuh, ialah di mana vitamin D disebutkan dapat mengurangi risiko terkena flu. Dikatakan bahwa anak-anak yang diberikan vitamin D per hari selama kurang lebih 4 bulan selama musim dingin berkurang risiko infeksi influenza A nya hingga lebih dari 40 persen.

Mengurangi risiko diabetes 

Beberapa penelitian observasional telah menunjukkan hubungan terbalik antara konsentrasi vitamin D dalam darah dalam tubuh dan risiko diabetes tipe 2. Pada orang dengan diabetes tipe 2, kadar vitamin D yang tidak mencukupi dapat berdampak negatif terhadap sekresi insulin dan toleransi glukosa. Dalam satu studi tertentu, bayi yang menerima 2.000 Unit Internasional vitamin D per hari memiliki risiko 88 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 1 pada usia 32 tahun.

 BACA JUGA:

5 Kisah Heroik Binatang yang Bikin Terperangah

Pencegahan kanker

Vitamin D sangat penting untuk mengatur pertumbuhan sel dan untuk komunikasi sel ke sel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa calcitriol (bentuk aktif hormon dari vitamin D) dapat mengurangi perkembangan kanker dengan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, meningkatkan kematian sel kanker, dan mengurangi proliferasi sel dan metastasis. Vitamin D mempengaruhi lebih dari 200 gen manusia, yang dapat terganggu ketika tubuh kita tidak memiliki cukup vitamin D.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini