nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendengarkan Musik Klasik 30 Menit Sehari Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 05 481 1882736 mendengarkan-musik-klasik-30-menit-sehari-dapat-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-BmBmdrmh7d.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

TEKANAN darah tinggi bisa dikatakan sebagai salah satu silent killer yang berakibat fatal. Tekanan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, maupun penyakit lainnya. Sayangnya, tekanan darah bisa naik kapan saja tanpa diketahui.

Maka dari itu, seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi disarankan sering-sering mengecek tekanan darahnya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Orang dengan kondisi seperti itu juga biasanya rutin mengonsumsi obat-obatan yang telah direkomendasikan dokter untuk mengontrol tekanan darahnya. Sekadar informasi, seseorang dikatakan memiliki hipertensi apabila tekanan darahnya lebih dari 140/90mmHg karena tekanan darah normal antara 90/60mmHg hingga 120/80mmHg.

Akan tetapi, ada beberapa anggapan bahwa obat tekanan darah tinggi dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Lantas bagaimana cara untuk menyikapinya? Beruntung ada cara alami yang bisa membantu seseorang mengontrol tekanan darahnya. Salah satunya adalah mendengarkan musik.

Menurut peneliti dari University of Florence, Italia, nada yang tepat dalam suatu jenis musik dapat menurunkan tekanan darah seseorang. Hasil itu didapatkan setelah peneliti meminta 28 orang dewasa yang rutin mengonsumsi obat hipertensi mendengarkan musik klasik, Celtic, atau India selama setengah jam sehari sambil bernapas perlahan. Musik-musik itu tergolong jenis musik yang menenangkan.

Setelah peserta penelitian melakukan kebiasaan tersebut selama seminggu, ternyata pembacaan sistolik rata-rata atau tekanan tertinggi saat jantung berdetak turun sebanyak 3,2 poin. Penurunan terus terjadi mencapai 4,4 poin setelah kebiasaan diteruskan hingga sebulan. Hasil penelitian itu menunjukkan bila mendengarkan musik benar-benar dapat menurunkan tekanan darah sehingga bisa menjadi pilihan untuk mereka yang memiliki hipertensi.

Di sisi lain, ada juga perubahan gaya hidup yang membantu seseorang mengontrol tekanan darahnya. Perubahan tersebut antara lain mengurangi jumlah konsumsi garam dan alkohol setiap hari, mendapatkan berat badan ideal, mengurangi kafein, berhenti merokok, memiliki waktu tidur setidaknya enam jam sehari, serta berolahraga secara teratur.

Menurut penelitian di Harvard University, latihan kardio selama 30 menit sehari merupakan langkah cepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan. Alasannya karena olahraga membantu jantung menggunakan oksigen lebih efisien sehingga tidak bekerja keras untuk memompa darah. Demikian seperti yang dikutip dari Express, Kamis (5/4/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini