nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kreasi Resep Sate Ayam Madura Rumahan untuk Akhir Pekan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 14:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 06 298 1883012 kreasi-resep-sate-ayam-madura-rumahan-untuk-akhir-pekan-0ZWkluuKtK.jpg Ilustrasi (Foto: Thelondonone)

SATE Ayam Madura salah satu kuliner yang mudah ditemui di mana saja. Jika ingin mencoba sensasi berbeda, Anda bisa membuat sendiri dengan resep yang mudah.

Jika Anda bosan membeli sate ayam di luar, tidak ada salahnya Anda membuat sendiri. Apalagi kalau akhir pekan ini, Anda berniat untuk menghabiskan waktu kumpul dengan keluarga besar di rumah.

Sate Ayam Madura sangat pas dinikmati untuk makan siang atau makan malam. Sangat seru sekali jika Anda menyempatkan akhir pekan ini makan sate ayam ramai-ramai.

Bumbu kacangnya bikin nagih, karena dibuat dengan campuran cabai merah, bawang dan jeruk limau. Sebelum membakar sate, pastinya telah dimarinasi berkali-kali dengan kecap dan perasan jeruk. Tentu hal ini menambah kenikmatan makan sate yang wanginya menggoda saat dibakar.

Ajak anak-anak untuk mengkreasikan resep sate ayam yang dimasak di halaman rumah. Pasti mereka senang, juga membangun kedekatan dengan anggota keluarga lain saat menghabiskan waktu liburnya.

Simak resep mudah dari Buku 80 Warisan Kuliner Nusantara Bango untuk membuat sate ayam. Berikut rangkumannya yang ditulis Okezone, Jumat (6/4/2018).

Bahan:

5 buah paha ayam, ambil dagingnya, tusukkan ke lidi

4 sdm kecam manis

2 sdt minyak goreng

Bahan pelengkap:

3 buah lontong

3 sdm kecap manis

3 buah jeruk limau

1 1/2 sdt bawang goreng untuk taburan

Sambal kacang

Bahan:

250 gram kacang tanah kulit, goreng

3 buah cabai merah keriting, rebus

4 butir kemiri, sangrai

3 buah cabai merah besar, rebus

4 sdm gula merah sisir

1 1/12 sdt garam

600 ml air

Bahan untuk sambal:

12 cabai rawit merah, direbus.

Cara membuat:

1. Untuk sambal kacang, haluskan semua bahannya, kecuali air. Setelah halus, tuang air, lalu masak sambal diaduk sampai matang.

2. Ambil 150 gram sambal kacang, kecap manis dan minyak goreng. Aduk rata. Celup sate ayam di dalamnya. Lumuri sampai rata.

3. Bakar sampai setengah matang, lumuri lagi. Bakar sampai matang.

4. Sajikan sate dengan sambal kacang, pelengkap, dan sambalnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini