nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya Soto Jamur Degan Khas Jember, Cocok untuk Vegetarian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 16:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 06 298 1883168 nikmatnya-soto-jamur-degan-khas-jember-cocok-untuk-vegetarian-FWHpj6RJx7.JPG

APA yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata soto? Sebagian orang pasti akan membayangkan suwiran daging ayam serta potongan sayuran segar yang dipadukan dengan kuah bercita rasa gurih.

Tapi jangan salah, varian soto di Indonesia sebetulnya sangat beragam. Seperti olahan soto Lamongan yang berasal dari Jawa Timur. Namun jika berbicara soal olahan soto yang unik, ada satu jenis soto yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Pada kegiatan Bazar HUT Kemala Bhayangkari ke-38 yang digelar di halaman Mapolda Jawa Timur, beberapa waktu lalu, para pengunjung sempat dikejutkan dengan sajian soto degan yang dijual oleh salah satu peserta Bazar dari Jember.

Disebut soto degan karena salah satu bahan dasar yang digunakan untuk membuat hidangan tersebut adalah daging kelapa. Dalam sebuah video yang diunggah oleh seorang netizen bernama Hari Tamboyang melalui Me Tube, proses pengolahan soto degan ternyata sangat menarik.

Langkah pertama sang penjual akan mengeruk daging kelapa muda dari batoknya. Setelah itu, batok kelapa akan digunakan sebagai wadah yang nantinya akan diisi oleh beberapa bahan-bahan pelengkap seperti jamur, kering kentang, iris daun bawang, seledri, udang, daging sapi bumbu kuning, dan tentunya daging kelapa muda yang sudah dikeruk tadi.

Setelah bahan dasar tercampur rata, sang penjual kemudian menambahkan kuah kuning yang terbuat dari beberapa jenis rempah-rempah. Uniknya, kauh soto ini tidak menggunakan kaldu ayam atau sapi sebagai penyedap rasa sehingga sangat aman untuk dikonsumi oleh para vegetarian.

(Baca Juga: Hesti, Perempuan Bercadar Penolong Anjing Pilih "Tetap Pendirian" Meski Menuai Protes)

Selanjutnya, batok kelapa akan dimasak di atas kompor dengan api sedang hingga bahan-bahan dasar matang secara sempurna. Menurut Rani Soraya, selaku penjual soto degan, penggunaan batok kelapa ini dimaksudkan untuk menghasilkan cita rasa manis dan gurih, sehingga ia tidak perlu lagi menambahkan garam atau bumbu penyedap lainnya.

"Nah, untuk degannya sendiri itu sebagai pengganti sayur, karena olahan soto kan umumnya menggunakan kol, tauge, dan soun," tutur Rani.

(Baca Juga: 5 Foto Sebelum Tragedi Mengerikan yang Tak Sengaja Tertangkap Kamera)

Selain lezat, olahan soto degan ini dipercaya dapat menambah stamina tubuh, serta menyumbuhkan sejumlah penyakit musiman seperti batuk, pilek, dan demam. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini