Air Kelapa Bikin Udang Goreng Tepung Terasa Lebih Gurih dan Renyah

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 06 298 1883228 air-kelapa-bikin-udang-goreng-tepung-terasa-lebih-gurih-dan-renyah-sbW19mjGDO.jpg Udang goreng tepung (foto: Bbcgoodfood)

UDANG salah satu pilihan seafood yang digemari oleh banyak kalangan. Banyak sekali pilihan resep masakan dengan bahan dasar udang yang menjadi andalan para ibu.

Salah satunya yakni udang goreng tepung yang gurih menggoda. Makanan ini sangat cocok dijadikan menu pembuka atau lauk yang nikmat untun makan bersama keluarga di akhir pekan.

Biasanya Anda cukup melumuri tepung bumbu saja untuk menggoreng udang. Agar rasanya tambah spesial, Anda bisa merendamnya dalam air kelapa. Kemudian, Anda bisa memarinasi udang agar tambah gurih.

Nah, untuk bumbunya Anda bisa meggunakan bawang putih yang dihaluskan. Jangan lupa lumuri garam dan jeruk nipis supaya tidak amis.

Sebelum menggorengnya, satukan bumbu marinasi udang dengan tepungnya. Pasti makan udang tambah nikmat dan nambah nasi putihnya.

Biar tidak penasaran, berikut adalah resep membuat udang goreng tepung yang nikmat. Simak ulasannya, dilansir Boldsky, Sabtu (7/4/2018).

Bahan-bahan

20 gram cabai merah segar, cincang halus

1 gelas air kelapa

1 mangkuk kecil daun basil, cincang halus

1/2 sdt kulit lemon

1/2 mangkuk tepung terigu

1 mangkuk tepung panir

1 butir telur

1/2 mangkuk kecil kelapa parut sangrai

1 sdt garam

Minyak untuk menggoreng

Saus mayones pedas untuk cocolan

Cara membuat:

1. Cuci dan kupas udang, tapi ekornya biarkan utuh. Masukkan ke dalam mangkuk.

2. Lumuri jeruk nipis, bawang merah halus, daun basil, cabai merah dan sedikit garam. Diamkan 15 menit.

3. Setelah proses marinasi udang, siapkan wadah yang sudah diisi semua campuran tepung. Lalu tuangkan santan untuk agar menjadi adonan.

4. Setelah dua bahan siap, lumuri udang dengan adonan tepung sampai rata. Ulangi sampai udang habis.

5. Panaskan wajan yang sudah diisi minyak di atas kompor. Tunggu sampai minyak panas.

6.Goreng udang yang sudah dilumuri adonan sampai matang. Tandanya yakni kuning emas. Jangan terlalu lama menggoreng, karena menghilangkan cita rasa manis dari udang.

7. Setelah semua udang digoreng, sajikan bersama saus mayones pedas. Hidangkan untuk lauk atau camilan untuk keluarga di akhir pekan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini