nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Sumber Energi, Ini 3 Manfaat Lain dari Karbohidrat

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 11:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 06 481 1882961 selain-sumber-energi-ini-3-manfaat-lain-dari-karbohidrat-QCEYYbp1vC.jpg (Foto: Happyhomebasics)

SALAH satu cara menurunkan berat badan adalah membatasi jumlah asupan makanan. Namun tidak sedikit orang yang salah kaprah karena memilih untuk berhenti konsumsi karbohidrat. Alasannya karena karbohidrat membuat berat badan bertambah. Padahal karbohidrat termasuk nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Institute of Medicine telah menyarankan bahwa sebaiknya 45-65% kalori yang dikonsumsi setiap hari berasal dari karbohidrat. Karbohidrat dapat memberikan energi dan membantu mengendalikan berat badan. Selain itu, karbohidrat bermanfaat bagi hati dan mempromosikan sistem pencernaan yang sehat. Bahkan ada karbohidrat yang dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Melansir Livestrong, Jumat (6/4/2018), berikut 4 manfaat karbohidrat bagi tubuh:

 BACA JUGA:

Tampil Natural, Rambut Panjang Sabai Morscheck Ternyata Jarang Disisir

Sumber energi

Karbohidrat adalah bahan bakar utama yang dibutuhkan tubuh guna menghasilkan energi. Saat makanan masuk, tubuh akan memecah gula dan pati dalam makanan kemudian menyerapnya ke dalam aliran darah lalu menjadi glukosa atau gula darah. Tubuh membutuhkan glukosa sebagai energi untuk melakukan segalanya macam aktivitas. Selain itu, otak juga membutuhkan glukosa agar berfungsi dengan benar. Jika tubuh kekurangan karbohidrat, maka akan menyebabkan lemah, lesu, dan ketidakfokusan.

Mengendalikan berat badan

Karbohidrat sering disalahkan dalam hal penambahan berat badan. Tetapi pada kenyataannya adalah karbohidrat sangat penting untuk mengontrol berat badan yang sehat. Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan agar setiap orang mendapatkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori dikonsumsi setiap hari.

Satu-satunya nutrisi yang dikandung serat adalah karbohidrat. Makanan kaya serat akan membuat seseorang merasa kenyang lebih cepat dan memuaskan nafsu makan lebih lama. Makanan berserat tinggi umumnya juga rendah kalori juga sehingga dengan begitubmembantu proses menurunkan berat badan.

Menjaga kesehatan jantung

Makanan berserat yang kaya akan karbohidrat membantu mencegah kolesterol menumpuk di pembuluh darah. Sebagaimana diketahui bahwa kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Karbohidrat dari biji-bijian, buah segar, sayuran, gandum utuh, dan oat dapat melindungi jantung. Sebaliknya, hindari makanan berkarbohidrat seperti kue, produk yang dibuat dengan tepung putih, serta makanan olahan karena tinggi lemak dan gula tambahan.

 BACA JUGA:

Beredar Akte Kelahiran Nama Persib Satu Sembilan Tiga Tiga, Netizen: Ortu Zaman Now!

Menjaga fungsi pencernaan

Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Makanan berserat yang kaya akan karbohidrat dapat mempercepat proses pencernaan. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, tubuh mungkin tidak mendapatkan cukup serat yang berfungsi menjaga sistem pencernaan tetap teratur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini