nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Bebaskan Wanita dari Kram Menstruasi yang Menyakitkan

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 12:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 06 481 1883004 5-cara-bebaskan-wanita-dari-kram-menstruasi-yang-menyakitkan-kDTMHHjeab.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

SEBAGIAN wanita mengeluh kram sebelum menstruasi tiba. Rasanya begitu menyakitkan, karena membuat bagian perut hingga pinggang tidak nyaman.

Pastinya Anda juga uring-uringan saat mengalami kram menstruasi. Kalau mendapat sindiran, pasti rasnaya ingin marah.

Sangat wajar memang jika wanita mengalami masalah itu sebelum waktunya menstruasi. Efeknya bisa membuat tubuh lemas, pucat, nyeri di bagian pinggang dan perut, dan beberapa efek lain yang menyakitkan.

Terjadinya siklus alami akibat perubahan ovarium dan bagian rahim dari sistem reproduksi wanita secara khusus. Perubahan ini dimulai setelah masa pubertas. Lapisan rahim yang mempersiapkan diri untuk menerima embrio. Penumpahan lapisan tebal inilah yang merupakan siklus menstruasi. Lapisan rahim menghasilkan zat kimia yang disebut prostaglandin.

Zat kimia ini berhubungan dengan ketidaknyamanan selama siklus menstruasi. Mereka menstimulasi kontraksi otot-otot uterus. Sementara itu, otot yang tidak nyaman bisa memicu kram menstruasi, dari sebuah hasil kontraksi yang menyakitkan.

Otot-otot ini menekan pembuluh darah. Ketika tekanan ini berlanjut, suplai oksigen diputus ke uterus. Kurangnya oksigen menyebabkan rasa sakit dan kram. Kram bisa menimbulkan ketidaknyamanan sampai rasa sakit yang parah. Mereka biasanya terkonsentrasi ke bagian belakang dan perut. Nama ilmiahnya disebut dengan dysmenorrhea.

Saat mengalaminya, Anda bisa menerdakan dengan lima cara berikut ini yang membuat aktivitas tetap nyaman. Simak ulasannya, dilansir Boldksy, Jumat (6/4/2018).

Kompres dengan botol air hangat

Meletakkan botol yang diisi air hangat dapat membantu mengendurkan otot rahim yang kram. Tempelkan di bagian perut bawah sambil sedikit ditekan. Cara ini bisa membantu meredakan nyeri menstruasi yang menyakitkan dan menjadi sedikit nyaman.

Pijat

Kram menstruasi bisa terjadi akibat aktivitas yang melelahkan atau pikiran sedang tidak rileks. Maka cara untuk meredakannya yakni bisa pijat untuk merelaksasi tubuh. Pijat yang dilakukan selama 15 menit, terutama di bagian perut, punggung dan bagian lainnya bisa mengurangi kram hingga 90%. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar khasiatnya melembutkan kulit.

Hindari beberapa makanan

Sebaiknya hindari makanan yang menyebabkan retensi air atau perut kembung. Makanan dan minuman yang harus dihindari yakni mengandung soda, kafein, makanan berlemak, makanan dengan garam berlebihan dan alkohol. Jika Anda mengonsumsinya ada efek kram yang menyakitkan.

Minum jamu

Jamu herbal mengandung senyawa anti-peradangan, yang bisa meredakan nyeri akibat kram. Beberapa herbal mengandung senyawa antispasmodic yang menghindari kejang pada otot, sehingga meningkatkan siklus normal kontraksi otot uterus. Selain jamu, Anda juga bisa minum wedang jahe, teh chamomile dan air rebusan biji adas di saat menjelang menstruasi.

Makan bergizi

Cobalah mengonsumsi makanan kaya serat, vitamin, zat besi, dan asam lemak omega-3. Makanan yang disarankan seperti pepaya, walnut, almond, biji labu, brokoli, beras merah, minyak zaitun, sayuran hijau, biji rami, ikan, dan ayam. Makanan itu harus setiap hari dikonsumsi karena bisa mencegah risiko penyakit lainnya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini