Tips Memilih Atribut untuk Olahraga Lari biar Tidak Cedera

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 April 2018 18:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 06 481 1883084 tips-memilih-atribut-untuk-olahraga-lari-biar-tidak-cedera-LkJ27vmzpv.jpg Olahraga lari (Foto: Netdoctor)

SALAH satu hal yang penting diperhatikan sebelum Anda lari adalah persiapan. Latihan menjadi sangat penting, karena itu akan meminimalisir cedera yang bisa terjadi saat lari.

Latihan yang tepat cukup menentukan seberapa kuat Anda lari. Dengan intensitas latihan, Anda diharapkan bisa menyelesaikan waktu lari sekitar 10 menit nonstop. Hal yang cukup membantu dalam menyelesaikan track bukan?

 BACA JUGA:

Cuma Ngumpulin Medali Lomba Lari Jadi Tren Pelari Milenial, Benar Begitu?

Nah, selain latihan, perlengkapan lari Anda juga punya pengaruh yang besar! Hal ini serupa dengan yang diungkapkan Founder Indo Runner Reza Puspo. "Perlengkapan lari itu cukup penting. Salah memilih sepatu saja bisa berdampak pada kualitas lari Anda. Bahkan, sepatu yang salah malah bisa membuat kaki Anda cedera!" tegas Reza saat diwawancarai di kawasan Jakarta, kemarin (5/4/2018).

Reza coba menjelaskan perlengkapan apa saja yang dirasa akan mempermudah Anda lari, khususnya untuk perlombaan lari. Perlengkapan yang pertama adalah pemilihan sepatu. "Ini perlu disesuaikan dengan kaki Anda masing-masing. Tapi, yang mesti diperhatikan adalah kelenturan sepatu itu sendiri dan bagaimana kondisi dasar dari sepatu," terang Reza.

Sedikit informasi, pada beberapa sepatu lari, kualitas sepatunya itu berkisar di 600-800 km. Maksudnya, setelah melewati jarak itu, biasanya kualitas sepatu akan berkurang dan ini penting untuk diketahui supaya Anda tidak salah dalam memilih sepatu untuk event lari yang akan Anda ikuti.

Dia melanjutkan, perlengkapan lainnya adalah pakaian. "Usahakan untuk memilih baju yang berbahan dry fit jangan katun. Hal ini terkait dengan penyerapan keringat. Jika Anda mengenakan baju berbahan dry fit, baju itu tidak akan menyerap keringat tetapi langsung memuaikan keringat Anda. Ini penting supaya badan Anda tidak menjadi lembab," sambungnya.

 BACA JUGA:

Jangan Sepelekan Tidur Mendengkur, Bisa Jadi Gejala Sleep Apnea

Reza menambahkan, persiapan sebelum lari berikutnya adalah sarapan. Usahakan untuk tetap makan sebelum lari. "Kalau aku biasanya sejam sebelum lari sudah makan. Ya, sekadar roti, selai kacang, dan pisang sudah sangat cukup. Kami biasanya menyebut sarapan itu dengan istilah Carbo Loading dan jangan salah kaprah, tetap sarapan itu akan memberikan energi untuk tubuh Anda," ungkap Reza.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini