nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sedang Mencari Kerja? Jangan Lupa 5 Hal Ini Saat Sesi Wawancara

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 18:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 07 196 1883557 sedang-mencari-kerja-jangan-lupa-5-hal-ini-saat-sesi-wawancara-jH4erTUY7e.jpg

SEIRING dengan kemajuan zaman, mau tidak mau kita memang sekarang hidup di zaman yang semakin kompetitif. Salah satu pertanda yang bisa dilihat dan dirasa ialah semakin sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Maka dari itu, ketika sudah mendapatkan peluang untuk tinggal selangkah lagi mendapatkan pekerjaan, peluang ini tidak boleh disia-siakan begitu saja. Oleh karenanya, membuat calon pemberi kerja terkesan dengan diri kita sebagai pencari kerja di saat sesi interview itu sangat penting dilakukan, salah satunya dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum masuk ke ruangan interview.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Menyitat Popsugar, Sabtu (7/4/2018) berikut ulasan tentang 5 hal yang harus Anda bawa ketika menghadapi sesi interview kerja.

1.Nomor kontak perusahaan atau pihak yang akan melakukan wawancara

Semua hal yang tidak terduga bisa terjadi kapanpun, termasuk soal tiba-tiba ada halangan di jalan saat berangkat menuju tempat wawancara yang mana hal ini menghalangi kita untuk datang tepat waktu ke lokasi.

Makanya, selalu siapkan nomor kontak aktif perusahaan atau orang yang akan mewawancarai kita, sebagai antisipasi ketika kita tidak bisa datang tepat waktu hingga kemungkinan untuk mengatur ulang jadwal wawancara.

2. Notebook dengan pertanyaan yang sudah disiapkan

Ketika sesi wawancara, biasanya pihak perusahaan akan bertanya kembali kepada kita, apakah ada hal yang ingin ditanyakan seputar perusahaan dan pekerjaan yang dimaksud. Gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya, maka dari itu jangan lupa untuk membawa catatan di notebook Anda yang berisi pertanyaan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

3. Dokumen referensi

Bawalah lembaran dokumen-dokumen yang berisi daftar referensi profesional Anda, pisahkan dengan resume. Biasanya ini pertanda baik ketika pewawancara meminta referensi, jadi hilangkan keragu-raguan apa pun dengan memberikan daftar referensi Anda.

4. Salinan resume

Cetak resume diri di kertas yang baik dan bagus, bawa bersama dalam portofolio yang sama tempat Anda menyimpan lembar referensi. Pewawancara biasanya memang akan menyiapkan resume sendiri, tapi tidak ada salahnya mengantisipasi jika tiba-tiba dihadapkan dengan kondisi pihak pewawancara tidak bisa membawa atau mencetak resume Anda. Hilangkan kerepotan yang ada dengan sigap menyiapkan salinan milik Anda sendiri.

5. Pulpen yang bekerja dengan baik

Tampak kecil dan simpel, namun nyatanya keberadaan pulpen yang bisa bekerja dengan baik sangat penting perannya dalam sebuah sesi wawancara kerja. Sebab, kita pasti akan membutuhkan pulpen tersebut untuk menuliskan catatan selama sesi wawancara, sebagai catatan informasi untuk diri sendiri.

Pastikan pulpen yang dibawa dari rumah benar-benar bisa dipakai menulis dengan baik, jangan sampai terjebak dalam situasi pulpen yang dibawa ternyata tintanya tidak nyata atau rusak hingga tidak bisa dipakai sama sekali.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini