nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cita-Cita dari Balik Dapur Selamat, Pelestari Rendang Khas Minangkabau

Rus Akbar, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 15:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 07 298 1883503 cita-cita-dari-balik-dapur-selamat-pelestari-rendang-khas-minangkabau-uqwgx9Uth6.jpg (Foto: Rus Akbar/Okezone)

PADANG - Dari sebuah dapur yang terletak di Jalan Permindo, Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat membumbung tinggi asap warna putih kelabu dari balik pintu dengan dinding tembok bercampur seng menyeruak aroma bumbu masakan rendang khas Minangkabau.

Ajo Ali Basar (78) kepala dapur sibuk mengiris-iris hati sapi yang akan dimasak. Sesekali ia melongok ke wajan berdiameter 1 meter lebih yang berada dibelakangnya.

Empat wajan berbaris diletakkan di atas tungku semen. Aroma asap kayu bakar memenuhi dapur. Tiga wajan besar itu sudah diisi santan kelapa serta bumbu-bumbu berwarna kuning yang mengubah santan berwarna kuning. Sementara wajan satu lagi untuk membuat ikan asam padeh.

Asrizal yang akrab dipanggik Inyiak (52) sibuk mengaduk-aduk santan. Kemudian dia bertanya kepada bosnya, Ajo Ali Basar. “Jo ala bisa dimasuak an dagiang ko. (Sudah bisa kita masukkan daging ini),” kata Inyiak.

Seorang pekerjanya, Memen sibuk memasukkan kayu bakar kedalam tungku. Dekat pintu masuk, ada dua perempuan lanjut usia sibuk menumbuk cabai dan menggiling bumbu.

“Kami di sini ada tujuh orang yang bekerja, hari ini satu orang izin karena urusan keluarga. Untuk di bagian dapur ini laki-laki empat orang, ibu-ibu dua orang, satu lagi tukang angkut makanan ke restoran yang berjarak 200 meter dari dapur,” terang Ajo Ali Basar.

Dari dapur restoran yang berdinding kehitaman lantaran asap kayu bakar, tim ini mempersiapkan masakan sejak pukul 03.00 WIB sampai 11.00 WIB . Jam kerja mereka bisa bertambah sesuai dengan permintaan di restoran.

"Tidak hanya rendang yang dimasak tapi ada juga masakan lain yang kita masak, tentu khas masakan di Minangkabau,” ujar pria yang tinggal di Sarang Gagak, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang ini.