nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyusuri Danau di Puncak Gunung Purba yang Menyerupai Tapak Kaki Raksasa

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu 08 April 2018 00:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 07 406 1883548 menyusuri-danau-di-puncak-gunung-purba-yang-menyerupai-tapak-kaki-raksasa-R6haCSfoTm.jpg (Foto: Demon Fajri/Okezone)

BENGKULU - Provinsi berjuluk 'Bumi Rafflesia' memiliki potensi obyek wisata alam nan indah dan menantang, Danau Telapak, namanya.

Danau ini berada di puncak gunung purba ketinggian 2476 Mdpl hutan lindung Bukit Daun, persisnya. Panorama alamnya masih perawan nan asri. Di sekitar danau ditumbuhi pepohonan menjulang tinggi yang sejuk udaranya.

''Meski perjalanannya lama, Danau Daun sekarang sudah banyak dikunjungi para pegiat alam bebas,'' kata Rafik Sani, selaku anggota kehormatan Mapala Palasostik, Universitas Bengkulu (Unib), Sabtu (7/4/2018).

Uniknya lagi jika di lihat dari peta satelit, danau dengan luas tidak kurang dari 2,5 hektare itu mirip telapak kaki manusia raksasa, super besar dan menakjubkan. Saking luasnya, pelancong mesti berjalan kaki dengan melintasi jalan setapak hutan sekira lima jam.

Perjalanan dimulai dengan melintasi salah satu satu kawasan areal perkebunan menuju Bukit Sepi. Lokasi ini merupakan pintu rimba menuju ke danau yang secara geografis terletak di Desa Air Mundo dan Desa Baru Manis, Kecamatan Bermani Hulu, Kabupaten Rejang Lebong.

Trek selanjutnya melewati pematang air terjun Plikat Kering setinggi tujuh meter. Puas menikmati dinginnya air terjun, perjalanan harus dilanjutkan melewati Gunung Panda dan Gunung Lawang Hantu, anak gunung Purna Daun.

(Baca Juga: 5 Foto Sebelum Tragedi Mengerikan yang Tak Sengaja Tertangkap Kamera)

Setelah menempuh perjalanan sekira 4,5 jam, tibalah di kawasan Lawang Hantu. Pelancong hanya membutuhkan sekira 30 menit menuju danau di atas gunung purba yang eksotis.

Petualangan menjelajah hutan belantara demi melihat Danau Telapak terbalas. Saat tiba di atas puncak, pelancong akan disuguhi keindahan pepohonan menjulang tinggi bak pemandangan Gunung Alpen, Swiss. Hembusan angin sepoi-sepoi dan pesona danau berkabut akan memanjakan mata wisatawan.

(Baca Juga: Cara Bikin Istri Tidak Malu saat Berhubungan Seks Malam Pertama)