Tak Hanya Tangguh, Kecantikan 10 Petinju Wanita Ini Bikin Pria K.O Seketika

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 09 April 2018 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 09 194 1884259 tak-hanya-tangguh-kecantikan-10-petinju-wanita-ini-bikin-pria-k-o-seketika-C6iYA4rsHr.jpg Christina Hammer (Foto: Merkur)

TINJU merupakan jenis olahraga yang berat dan umumnya dilakukan oleh pria. Akan tetapi bukan berarti jenis latihan yang menonjolkan pukulan itu tidak menarik perhatian kaum Hawa. Buktinya banyak perempuan yang terkenal karena prestasinya di olahraga tersebut.

Melansir Yorkfeed, Senin (9/4/2018), berikut 10 perempuan petarung tinju yang namanya cukup diperhitungkan:

1. Celcilia Braekhus

Perempuan asal Norwegia ini dinobatkan menjadi Petinju Wanita Terbaik Sepanjang Masa. Celcilia Braekhus merupakan petinju perempuan pertama di kelas berat yang memiliki titel WBC, WBA, WBO, dan IBF pada saat bersamaan. Pencapaian itu bisa dibilang luar biasa mengingat hanya ada empat perempuan yang berhasil meraih empat titel dalam satu waktu. Memiliki julukan "The First Lady", ia tercatat telah memenangkan semua pertarungan yang diikutinya yaitu sebanyak 31 pertarungan.

2. Holly Holm

Dikenal sebagai "The Preacher's Daughter, Holly Holm tercatat telah memenangkan 33 dari 38 pertarungan yang diikutunya. Petinju berusia 35 tahun itu pernah dua kali mendapatkan gelar pejuang perempuan daris sebuah majalah. Tak hanya dianggap sebagai atlet terbaik di dunia, Holly juga pernah menunjukkan keahliannya di bidang akting dengan membintangi film laga di 2016 berjudul Fight Valley.

3. Laila Ali

Darah pejuang tinju dari Muhammad Ali tampaknya mengalir ke anak perempuannya yaitu Laila Ali. Perempuan berusia 39 tahun itu selalu memenangkan pertarungan yang diikutinya. Kurang lebih ada 24 pertarungan yang membuatnya berada kelas menengah ASA, WBC, lWBF, IBA, serta kelas menengah super, dan juga IWBF ringan. Memutuskan untuk pensiun sebagai petinju profesional, Laila memiliki karir yang sukses di dunia TV sehabis muncul di sejumlah reality show.

4. Christy Martin

Memiliki julukan 'The Coal Miner's Daughter', Christy Martin berhasil memenangkan 49 dari 59 pertarungan yang diikutinya. Christy adalah salah satu tokoh kunci dalam melegitimasi tinju perempuan di dunia olahraga. Maka yak mengherankan bila dirinya merupakan petinju perempuan pertama yang dilantik Nevada Boxing Hall of Fame.

5. Regina Halmich

Petinju yang satu ini memiliki peran penting dalam mempopulerkan olahraga tersebut di Eropa. Regina Halmich memiliki rekam jejak memenangkan 54 dari 56 pertarungan yang diikutinya. Perempuan berusia 40 tahun itu memenangkan kejuaraan dunia WIBF di kelas junior flyweight, flyweight, dan super flyweight. Petinju profesional asal Jerman ini pensiun pada 2007 dan telah memiliki lini kosmetik sendiri.

6. Lucia Rijker

Petinju asal Belanda ini memiliki julukan perempuan paling berbahaya di dunia. Lucia Rijker memiliki rekam jejak memenangkan 36 dari 37 pertarungan. Perempuan berusia 49 tahun ini pernah muncul dalam sejumlah film seperti Million Dollar Baby, Rollerball, Shadow Boxers, Star Trek, dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, dirinya memiliki keinginan untuk bertarung dengan Laila Ali.

7. Mary Kom

Petinju asal Indian ini tercatat sebagai petinju satu-satunya yang pernah memenangkan medali di enam kejuaraan dunia. Mary Kom memenangkan medali perunggu di Olimpiade London 2012 di kelas flyweight (51kg). Perempuan berusia 34 tahun itu juha memiliki medali perunggu dari Asian Games Guangzhou 2010 dan medali emas dari Asian Games Incheon 2014. Kisah hidup Mary bahkan dibuatkan film Bollywood berjudul namanya.

8. Ann Wolfe

Perempuan yang dikenal sebagai Brown Sugar Wolfe ini memiliki rekam jejak memenangkan 24 dari 26 pertarungan. Ann Wolfe dianggap memiliki salah satu pukulan yang paling sulit, dan berbeda pada saat bersamaan. Perempuan berusia 46 tahun itu telah pensiun sejak 2006 namun tetap aktif melatih.

9. Christina Hammer.

Petinju asal Jerman ini dijuluki sebagai "Lady Hammer". Christina Hammer telah memenangkan semua pertarungan yang berjumlah 21 pertarungan. Perempuan berusia 27 tahun ini merupakan juara dunia WBC termuda dan tercatat sebagai petinju termuda.

10. Mia St. John

Keluar menjadi juara sebanyak 47 kali dari 60 pertarungan yang diikutinya, maka tak heran bila Mia St John dijuluki "The Knockout". Petinju asal Meksiko-Amerika itu merupakan mantan juara WBC dalam kategori super Walterweight. Sejak 2016 lalu ia telah pensiun dari dunia tinju. Saat ini Mia telah berumur 50 tahun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini