nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Punya 5 National Foods yang Pastinya Lezat dan Harus Dikenal Luas, Apa Saja?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 09 April 2018 20:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 09 298 1884245 indonesia-punya-5-national-foods-yang-pastinya-lezat-dan-harus-dikenal-luas-apa-saja-3ocxYJ8wND.jpeg Soto (Foto: Taste)

SETIAP negara dengan kebudayaan masing-masing, pasti memiliki sajian makanan tradisional yang menjadi ciri khas sekaligus kebanggaan negara tersebut.

Makanan tradisional khas suatu negara, juga bisa dibilang menjadi salah satu produk budaya yang punya potensi besar untuk dijadikan komoditi alat promosi dari imej negara tersebut di mata dunia.

Contohnya jika menyebut sushi, maka dikenal sebagai salah satu makanan khas Jepang, lalu hidangan Tom Yam yang menjadi makanan khas Thailand, lalu Korea Selatan dengan kimchi nya. Sadar atau tidak, makanan 'nasional' dari masing-masing negara tersebut membawa masyarakat luas langsung teringat akan negara tersebut.

 BACA JUGA:

Touring Pakai Motor Kekinian, Jokowi Tampil Stylist dengan Jaket Denim Mirip 'Dilan'

Bicara soal kuliner, bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki sangat banyak hidangan kuliner yang sama nikmatnya antara satu sama lain. Namun, dari sekian banyak hidangan tradisional Nusantara, sebetulnya hidangan apa saja sih yang bisa dibilang merupakan makanan nasional atau dengan kata lain national food nya Indonesia?

Ternyata tahukah Anda, bahwasanya pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata sudah menetapkan ada lima makanan yang disebutkan sebagai National's Food. Seperti yang disebutkan oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, lima makanan nasional versi Kementerian Pariwisata tersebut adalah rendang, soto, lalu disusul oleh nasi goreng di tempat ketiga, sate, dan terakhir ada gado-gado. Di mana dari lima makanan yang dipilih oleh Kementerian Pariwisata ini, tiga di antaranya yakni rendang, nasi goreng, dan sate masuk dalam daftar makanan paling enak di dunia, versi media berita ternama CNN.

Makanan nasional sudah ditentukan berdasarkan dari segi stragegi, yakni market base dan resource base. Lalu selanjutnya, upaya apa yang sudah dilakukan pihak pemerintah untuk membuat lima national food ini bisa lebih terkenal lagi di mata dunia internasional? Menjawab pertanyaan ini, Arief Yahya menyebutkan strategi media lah yang digunakan oleh pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata untuk bisa mengenalkan national food ini kepada dunia.

"Strategi pengenalannya seperti apa? Kita pakai media strategi, contohnya melalui sosial media, lalu endorser. Mayoritas dipromosikan dengan menggunakan media digital. Alokasinya itu 50 persen untuk digital media, lalu 50 persen sisanya pakai cara konvesional," ungkap Arief saat ditemui Okezone, Senin (9/4/2018) di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat.

Selain menggunakan jalur media digital untuk mempromosikan kuliner khas Indonesia. Masih dalam rangka menggiatkan industri kuliner Indonesia, pemerintah juga sudah menentukan tiga destinasi kuliner Indonesia yakni Bali, Bandung, dan Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang), yang menurut Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, Vita Datau sedang dalam proses sertifikasi dunia oleh World Tourism Organization UNWTO, organisasi PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) tertinggi untuk yang berhubungan dengan urusan kuliner.

Di mana tiga destinasi kuliner ini dijelaskan oleh Vita Datau dipilih berdasarkan faktir 3P, yaitu produk, pelaku, dan Pemda.

 BACA JUGA:

Awas Bikin Ngakak! Bocah Laki-laki Ini Belajar Mengucapkan Kata dan Aksinya Gemas Banget

"Destinasi kuliner ini dipilih berdasarkan 3P, kita lihat produknya itu harus unik dan otentik, lalu kemudian faktor pelaku yang mana kita lihat ada tidak bisnisnya ada tempatnya, lalu terakhir Pemda. Kita lihat komitmen dari Pemerintah Daerah nya sendiri, sebab percuma kalau sudah ditetapkan tapi tidak ada upaya dan keyakinan kalau kuliner daerahnya itu berpotensi," imbuh Vita dalam kesempatan yang sama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini