nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Tarian Magis Gadis-Gadis Pemain Api

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 09 April 2018 08:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 09 406 1883948 pesona-tarian-magis-gadis-gadis-pemain-api-oODho7lM2f.JPG Tarian Pepe-pepeka Baine (Foto: Istimewa)

MAKASSAR – Tarian tradisional Pepe-pepeka Baine dari Sulawesi Selatan menyimpan sejuta pesona. Terutama pada bagian para penari bermain dengan api yang membakar tubuh mereka.

Pertunjukan inilah yang ditampilkan oleh empat gadis di hadapan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo pada acara malam ramah tamah Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Makassar, Minggu (8/4) malam.

Para penari binaan Sanggar Sirajuddin Gowa ini menarikan tarian magis ini dengan menggunakan api yang membakar tubuh dan pakaian baju 'Bodo' modifikasi yang mereka gunakan mereka.

Namun tubuh para penari yang disulut dengan api itu tidak terbakar, begitu juga baju yang dikenakan pun tidak terbakar. sehingga suasana acara malam ramah tamah dalam rangkaian pelepasan masa akhir jabatan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo ini tampak menarik.

Tarian tradisional tersebut sampai saat ini masih terus ada di Makassar. Tarian yang biasanya diperankan laki-laki ini diiringi lagu dengan lirik, "pepe-pepeka ri Makka lenterayya ri Madina Ya Allah Paroba Sai Na Takakbere dunia."

(Baca Juga: 5 Anak Ajaib yang Ada di Dunia, Nomor 3 Sungguh Luar Biasa!)

Pada saat puncak penampilan tarian ini, para penari memegang obor dan akan mengarahkan api ke tubuh temannya atau dirinya sendiri, termasuk kepada para penonton.

Pada kesempatan malam itu, Syahrul Yasin Limpo yang pertama dibakar tubuhnya. Selanjutnya Syahrul mengajak Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono untuk dibakar tubuh dan bajunya. Sony Sumarsono terlihat santai saja bermain-main api.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Pengawet dan Membuat Olahan Mi Instan Menjadi Lebih Sehat)

Sedangkan Mendagri Tjahjo Kumolo bersama istri yang duduk di meja terlihat begitu takjub dan terkesima.

Tjahjo Kumolo sendiri dijadwalkan akan melantik Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono sebagai Penjabat Gubernur Sulsel menggantikan Syahrul Yasin Limpo pada Senin (9/4) pagi ini.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini