6 Bumbu Dapur yang Bisa Awetkan Makanan Secara Alami

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 298 1884800 6-bumbu-dapur-yang-bisa-awetkan-makanan-secara-alami-4Nv9tGo3SB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BEBERAPA orang mungkin ada yang menghindari makanan mengandung pengawet karena takut membahayakan kesehatan. Maka dari itu mereka biasanya lebih memilih mengonsumsi makanan yang segar dan baru dimasak. Akan tetapi, ada jenis makanan tertentu yang tidak bertahan lama sehingga harus dikonsumsi.

Bagi Anda yang tidak ingin langsung menghabiskan makanan sehabis dimasak, Anda bisa mengawetkan makanan tersebut agar tidak basi. Tenang, cara mengawetkannya pun menggunakan bahan-bahan alami sehingga aman untuk digunakan. Melansir NDTV, Selasa (10/4/2018), berikut sejumlah bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai pengawet alami:

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini memiliki sifat anti-virus yang membantu melawan bakteri, baik dalam tubuh maupun makanan. Memasak makanan menggunakan bawang putih di sup, saus tertentu, atau hidangan lainnya dapat mencegah datangnya bakteri berbahaya dan membuat makanan tetap segar lebih lama.

 (Baca Juga: Soto Hendak Dijadikan Locomotive Food, Apa Kata Pakar?)

Garam Laut Himalaya

Garam berwarna pink ini telah lama disebut-sebut sebagai salah satu pengawet alami terbaik. Sedikit garam Himalaya yang tidak diolah dapat membantu mengawetkan makanan dengan cara yang lebih sehat. Garam bisa digunakan di makanan apa saja seperti pasta, sup, dressing, dips, dan hidangan sayuran.

Cabai

Makanan pedas dikenal bisa melawan bakteri dan lebih tahan lama. Menambahkan sedikit cabai rawit dalam makanan penutup atau smoothie selain memberikan sedikit rasa pedas bisa membuatnya tahan lama. Bahan pedas lain seperti Cayenne, mustard, dan saus sambal juga bisa dijadikan pilihan karena mengandung cuka.

Lemon

Lemon adalah sumber alami asam sitrat dan tergolong pengawet alami yang sangat baik. Kulit dan daging buahnya adalah bagian terbaik untuk mencegah makanan basi. Peras sedikit lemon di atas makanan untuk membuatnya tahan lama.

  (Baca Juga: Pasca Gunung Agung Meletus, Ubud Food Festival Akan Bawa Turis ke Bali)

Cuka

Pengawet alami yang satu ini terbuat dari fermentasi gula dan larutan air. Asam asetat hadir di dalam cuka untuk membunuh mikroba dan menghambat pembusukan makanan. Cuka bahkan bisa menambah selera makan karena memiliki cita rasa yang khas.

Gula

Bumbu bercita rasa manis ini merupakan pengawet alami yang membantu makanan menyingkirkan air dan mikroorganisme. Saat gula ditaburkan pada makanan terjadi proses osmosis atau dehidrasi yang menyerap air sehingga menghambat pertumbuhan bakteri. Gula dapat menjaga makanan untuk periode yang lebih lama.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini