nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Sebabkan Bau Badan

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 11:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 10 481 1884487 ternyata-7-makanan-ini-bisa-sebabkan-bau-badan-lNmLpZmjGa.jpg Daging merah (Foto: Shutterstock)

MENCIUM bau badan orang lain atau diri sendiri di suatu tempat, rasanya bisa mengacaukan aktivitas. Tanpa disadari, bau badan bisa muncul dari mana saja, termasuk dari makanan.

Setiap hari orang diwajibkan makan enak dan bergizi. Tapi kalau tiba-tiba salah pilih makanan bisa berisiko mengalami suatu hal.

Memang, umumnya bau badan terjadi akibat keluarnya keringat yang berlebihan. Biasanya aromanya menyebar di saat cuaca sangat panas. Keringat kita memiliki banyak bakteri yang bisa memancarkan bau tidak sedap.

Ternyata tidak melulu karena cuaca panas, ada beberapa makanan tertentu yang bisa mengancam bakteri dalam tubuh. Akibatnya, Anda mengalami bau badan tak sedap yang tentu mengganggu sekitar.

 (Baca Juga: Perempuan Ini Hidup Satu Atap dengan Suami dan Tunangannya, dan Masih Punya 2 Pacar di Luar!)

Dilansir Mensfitness, Selasa (10/4/2018), berikut adalah 7 makanan yang rentan menyebabkan bau badan pada seseorang. Simak ulasannya lebih lanjut, sekaligus hindari agar tidak mengalaminya.

Daging merah

Daging merah sangat lezat diolah menjadi steak. Namun, makanan ini bisa menimbulkan malapetaka yakni menjadikan seseorang bau badan. Daging merah bisa menyisakan residu, akibat bakteri yang menyebar lewat keringat seseorang. Studi ilmiah pernah meneliti antara perempuan vegetarian dan pemakan daging. Hasilnya, aroma tubuh seorang pemakan sayuran lebih wangi daripada mereka yang pemakan daging.

Minuman beralkohol

Minuman memabukkan ini tidak hanya sebabkan seseorang bau mulut. Mereka yang meminum juga bisa alami bau badan. Itu terjadi karena alkohol mengandung asam asetat yang menimbun lewat keringat. Aroma bau badan Anda bisa menyengat akibat berlebihan konsumsi alkohol, apalagi saat berhadapan dengan cuaca panas yang mempermudah seseorang berkeringat.

  (Baca Juga: Miliarder Ini Dikubur di Peti Emas Bersama Perhiasan Senilai Rp1,4 Miliar)

Sayuran silangan

Meskipun tinggi kalium dan dikemas dengan antioksidan, sayuran seperti brokoli, kubis, kubis Brussel, dan kembang kol mengandung sulfur. Itu merupakan kimia alami yang menyebabkan bau badan tidak sedap. Setelah mencerna, Anda juga sering buang gas atau mulut jadi tak sedap. Tentu masalah itu sangat mengganggu aktivitas Anda.

Asparagus

Asparagus dikenal bisa membuat urin berbau aneh. Nah, pada beberapa orang dengan gen tertentu, makan asparagus bisa sebabkan aroma badan tidak wangi. Ada sulfur senyawa di dalam sayuran ini, sehingga lebih baik Anda mencegah atau membatasi makan bila suka.

Ikan

Makanan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda, karena mengandung banyak jumlah omega 3 yang baik. Namun, bau ikan sangat amis, sehingga membuat seseorang alami aroma tubuh tak sedap. Ikan yang amis bisa mengeluarkan trimethylamine melalui keringat, yang membuat orang mudah menyebarkan bau badan tersebut.

  (Baca Juga: 5 Tradisi Pernikahan Paling Gila dari Suku-Suku Dunia, Ritual Minum Sperma Salah Satunya!)

Makanan pedas dan bawang

Makanan pedas memang bisa membangkitkan selera makan. Tapi kalau berlebihan dikonsumsi bisa sebarkan aroma tubuh tak sedap. Apalagi kalau ditambahkan bawang merah dan bawang putih yang banyak. Sudah jelas bahan itu menyerap ke aliran darah yang bisa memicu aroma tak sedap yang mengganggu lingkungan sekitar.

Makanan cepat saji

Kentang goreng, ayam goreng, hingga burger juga termasuk makanan yang harus dihindari. Makanan ini mengandung tinggi lemak jenuh yang sulit dicerna. Akibatnya, Anda bisa mengalami bau badan tak sedap jika sering mengonsumsinya. Karenanya, batasi atau hindari makanan itu supaya tubuh tetap bugar dan sehat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini