6 Alasan yang Membuat Seseorang Menjadi Lebih Mudah Lelah dan Tidak Bersemangat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 481 1884557 6-alasan-yang-membuat-seseorang-menjadi-lebih-mudah-lelah-dan-tidak-bersemangat-Fev4vTEsPn.jpg Ilustrasi (Foto: Thedailymeal)

SERING merasa lelah dan tidak bersemangat ketika bekerja? Hal ini menjadi hal wajar mengingat aktivitas perkantoran yang sangat padat. Terlebih jika waktu tidur Anda tidak sesuai dengan anjuran dokter yakni, 8 jam per hari.

Dilansir dari The Daily Meal, Selasa (10/4/2018), ternyata ada beberapa faktor pemicu kenapa Anda sering merasa lelah dan capek seketika. Hal ini sangat erat kaitannya dengan gaya hidup dan asupan makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya.

Terlalu sering berolahraga

Tidak peduli berapa banyak waktu tidur yang Anda dapatkan, jika terlalu berlebihan dalam berolahraga, tubuh pun akan kelelahan. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga yang intensif, secara dramatis meningkatkan rasa lelah terlepas dari tingkat kebugaran mereka. Dengan kata lain, semakin intens Anda berolahraga, semakin tinggi pula rasa lelah yang akan dirasakan. Tentu saja, berolahraga secara rutin dan sesuai porsi telah terbukti ampuh meningkatkan energi. Namun Anda juga perlu mengistirahatkan tubuh selama beberapa hari jika sudah mengalami gejala kelelahan dan sakit kepala.

Kekurangan zat besi

Anemia merupakan suatu kondisi dimana sel-sel darah merah kita membutuhkan lebih zat besi untuk secara efektif membawa oksigen, dampaknya dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, letih, dan kelelahan. Hal ini umumnya terjadi pada wanita yang sedang menstruasi. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti bayam, kacang merah, daging sapi, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

Menahan rasa lapar sebelum tidur

Memutuskan tidur dalam kondisi perut yang sedang kelaparan ternyata bukanlah pilhan yang tepat. Hal ini bisa menyebabkan permasalahan kesehatan yang serius, dan tentu mengganggu kualitas tidur Anda. Jika tidak ingin mengonsumsi makanan berat, Anda bisa mengakalinya dengan memakan beberapa potong camilan rendah gula untuk menjaga kadar glukosa di dalam tubuh.

Menganggap remeh sarapan

Makanan secara harfiah bisa diibaratkan sebagai bahan bakar bagi tubuh kita. Ketika Anda mengabaikannya, tubuh pun akan merasa lelah dan tidak berenergi. Selain itu, melewatkan sarapan ternyata dapat membuat seseorang kebingungan dalam memilih menu makan siang yang tepat. Pada akhirnya mereka akan cenderung memilih makanan cepat saji. Padahal menyiapkan menu sarapan tidak serumit yang selama ini kita bayangkan. Anda bisa membuat roti panggang dengan topping telur mata sapi dan beberapa potong daging ham. Menu ini mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh.

Depresi

Depresi dapat menyebabkan insomnia, gangguan tidur, hingga menguras energi yang ada didalam tubuh. Jika Anda khawatir tengah mengalami gejala-gejala depresi, segera cari bantuan profesional.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini