nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kaldu Tulang Enak yang Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 10 481 1884734 5-kaldu-tulang-enak-yang-bisa-tingkatkan-imunitas-tubuh-OCp4SO5EFE.jpg Kaldu Tulang (Foto: Dr. Axe)

TERLEPAS dari rasa yang lezat, kaldu yang dibuat dari tulang ikan atau daging bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya agar terbebas dari penyakit infeksi.

Sejak lama tulang hewan digunakan sebagai olahan kaldu. Rasanya sangat lezat dan bisa menambah nafsu makan. Oleh nenek moyang, kaldu bahkan dipakai untuk obat penyakit. Karena bahannya alami dan aman dikonsumsi.

Kaldu yang terbuat dari tulang kaya akan nutrisi yang melimpah. Anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik dengan mengonsumsi kaldu.

 BACA JUGA:

Setelah Hijrah 3 Seleb Pria Ini Makin Romantis dengan Istrinya

Konsumsi kaldu bisa menyembuhkan nyeri sendi, penurunan berat badan, gangguan tidur, peradangan dalam tubuh, sistem pencernaan yang tidak sehat, dan meredakan rasa gatal di tenggorokan. Semangkuk kaldu biasanya mengandung magnesium, kalsium, silikon dan fosfor.

Saat membuat kaldu pasti menggunakan rempah-rempah yang sehat. Termasuk bawang putih, kapulaga, daun bawang, merica, garam, gula dan sebagainya. Pasti ini tambah menyehatkan karena bersifat alami.

Setiap hari, Anda bisa membuat olahan kaldu yang sehat dari berbagai jenis tulang. Berikut ini lima jenisnya yang bermanfaat, dilansir Boldsky, Selasa (10/4/2018)

Tulang ikan

Berbagai tulang ikan laut bisa diolah menjadi kaldu yang lezat. Kaldu ikan ini mengandung jumlah yodium tinggi. Maka Anda tak perlu menambahkan garam supaya rasanya lezat. Konsumsi kaldu ikan ini membantu Anda menghindari risiko kelenjar tiroid dan penyakit lainnya.

Tulang babi

Bagi penyuka olahan babi, tentu tidak hanya mengincar dagingnya. Anda bisa memanfaatkan tulangnya menjadi kaldu yang lezat. Kaldunya juga mudah dibuat dan berkhasiat untuk mencegah penyakit. Tulangnya juga dijual murah di beberapa supermarket terdekat.

Ceker ayam

Anda bisa menggunakan ceker ayam untuk kaldu. Kandungan dari tulang kaki ayam ini mengandung tinggi kalsium. Bahkan, tulang ayam ini mudah dibeli dan harganya murah. Setiap Anda memasak kaldu dari ceker ayam ini rasanya dijamin lezat dan mengeluarkan minyak alami, serta tidak mengandung lemak jenuh dalam jumlah banyak.

Tulang sapi

Tulang sapi jika dimasak dalam waktu yang lama bisa menghasilkan kaldu enak. Apalagi kalau ditambahkan sayuran seperti wortel dan kacang-kacangan, bisa menjadi sajian sup yang lezat. Anda bisa membuat kaldu ini untuk olahan masakan selama satu minggu.

 BACA JUGA:

5 Cara agar Anak Tidak Mudah Stres Selama Hadapi Ujian Nasional

Tulang kambing

Manfaatkan tulang kambing menjadi hidangan kaldu yang enak. Tapi memang agak sulit memasak olahan kaldu ini. Kambing cenderung bau kalau salah mengolah. Tapi khasiat kaldu kambing sangat baik untuk melawan penyakit infeksi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini