Share

Selain Kulit Kencang, Ini Manfaat Gunakan Masker Kolagen 2 Kali Seminggu untuk Kecantikan

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 11 194 1885148 selain-kulit-kencang-ini-manfaat-gunakan-masker-kolagen-2-kali-seminggu-untuk-kecantikan-RetYivDcon.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

TUBUH manusia terdiri dari protein yang berfungsi membangun dan mengatur tubuh. Salah satu protein yang berperan besar adalah kolagen. Setidaknya 30% dari protein yang ada di tubuh adalah kolagen. Kolagen berpengaruh terhadap pembentukan kulit, rambut, tulang, tendon, dan organ internal lainnya.

Beberapa perempuan mungkin menaruh perhatian lebih terhadap asupan kolagen. Alasannya karena protein tersebut dapat menjaga kelenturan kulit dan mmebuatnya tampak awet muda. Kolagen dapat diperoleh dari sayuran, ikan, dan kedelai yang kaya air. Akan tetapi, masker kolagen juga bisa menjadi pilihan.

Melansir Livestrong, Rabu (11/4/2018), masker kolagen dapat meningkatkan kadar kolagen di kulit sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan, meningkatkan tekstur kulit yang lebih halus, serta membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Sekadar informasi, di usia 30-an tahun kolagen akan berkurang sekira 1,5% dan pada usia 40 tahun berkurang hingga 15%. Menurunnya jumlah kolagen dapat menciptakan kerutan, kulit kendur, dan kasar.

Baca Juga: Cukup 20 Menit, Ini 5 Manfaat Tidur Siang di Kantor

Tak hanya membantu memulihkan struktur kulit, masker kolagen dapat menghidrasi kulit. Bahan tambahan dalam masker kolagen juga bisa berfungsi sebagai pelembap. Bahan pelembab yang biasanya ada di masker kolagen antara lain sorbitol berry, ekstrak lidah buaya, vitamin C, minyak jojoba, zaitun, dan minyak mawar.

Gunakanlah masker kolagen secara rutin setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Kebiasaan itu dapat membantu menangkal radikal bebas yang merusak kulit dan meminimalkan munculnya pori-pori. Selain itu ada manfaat lain yang ditawarkan oleh masker kolagen. Bahan tambahan dalam masker kolagen seperti oatmeal dapat meredakan peradangan yang menenangkan. Lalu ada kaolin yang bisa membersihkan pori atau oksida seng antibakteri.

Baca Juga: Hasil Penelitian: 5 Hari Berhenti Main Facebook Kurangi Tingkat Stres!

Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah masker kolagen yang berbentuk topeng karena menutupi sebagian besar permukaan kulit. Dengan begitu terjadi penetrasi bahan aktif yang lebih baik daripada solusi topikal lainnya seperti lotion, krim, dan gel.

Penggunaan masker kolagen berbentuk topeng juga membantu mengencangkan kulit untuk sementara. Belum lagi adanya wewangian yang menenangkan pada masker dapat memberikan kesempatan pada pemakai untuk bersantai dan menghilangkan stres.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini