nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Urutan Kelahiran Ada Kaitannya dengan Pilihan Karir, Anak Tengah Berpeluang Jadi CEO

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 11:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 11 196 1885017 urutan-kelahiran-ada-kaitannya-dengan-pilihan-karir-anak-tengah-berpeluang-jadi-ceo-1op04kGzXX.jpg Karir (Foto: Career Intelligence)

URUTAN kelahiran telah sejak lama diyakini memengaruhi kepribadian seorang anak. Tak bisa dipungkiri pola asuh orangtua terhadap anak pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya pasti memiliki perbedaan. Begitu juga dengan pola asuh terhadap anak tunggal.

Baru-baru ini sebuah penelitian yang dipimpin oleh Psikolog Emma Kenny menyatakan jika urutan kelahiran juga berdampak pada pilihan karir masing-masing anak. Peneliti menemukan bukti signifikan untuk mendukung teori tersebut setelah menganalisis 500 orang yang paling sukses dari 11 kelompok karir berbeda.

BACA JUGA:

Waspada, Kosmetik Ilegal Bisa Picu Kanker Kulit

Dari hasil analisis yang bertujuan untuk mengidentifikasi pola signifikan secara statistik didapatkan data, anak tengah memiliki kemungkinan 30% untuk menjadi seorang CEO. Para peneliti menyimpulkan bila hal itu berkaitan dengan perjuangan anak tengah untuk mendapatkan perhatian dari orangtuanya. Jika diperhatikan anak tengah memang berada di posisi yang 'kurang' menguntungkan karena secara tidak langsung dirinya diminta untuk mencontoh sang kakak namun harus lebih baik dari sang adik.

Dengan tuntutan semacam itu anak tengah lebih mungkin mengembangkan ciri-ciri kepribadian seorang pemimpin seperti berdaya saing, fleksibilitas, dan diplomasi. Kepribadian itu membuat mereka memiliki kecocokan untuk berperan sebagai seorang yang membutuhkan pemikiran bijaksana dan tingkat manajemen tinggi. Selain dalam bidang bisnis, anak tengah kemungkinan juga akan memiliki karir di bidang olahraga. Kemungkinannya mencapai 30%.

Sedangkan anak pertama memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk berkarir di bidang ilmu pengetahuan seperti ilmuwan, insinyur, atau astronot. Di sisi lain anak terakhir memiliki kemungkinan sebanyak 50% untuk berkarir di bidang musik. Hal itu dikaitkan dengan ciri kepribadian mereka yang peka dan idealistik. Pilihan karir di bidang ini hampir sama dengan anak tunggal yang memiliki kemungkinan menjadi seorang seniman. Alasannya karena mereka memiliki kepribadian yang perfeksionis dan matang.

BACA JUGA:

Cerita Dokter Asal Makassar yang Ikut Tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat

"Penelitian yang dilakukan selama sebulan terakhir telah menunjukkan bahwa urutan kelahiran adalah faktor yang signifikan dalam menentukan jenis pekerjaan di antara saudara kandung. Hasil penelitian ini memang menjelaskan secara umum namun ada pengecualian untuk kasus yang khas," terang Emma seperti yang dikutip dari Independent, Rabu (11/4/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini