Image

8 Harta Karun yang Hingga Kini Masih Menjadi Misteri

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 04:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 11 406 1885339 8-harta-karun-yang-hingga-kini-masih-menjadi-misteri-vCuMqpaO8Q.jpg Kapal San Miguel (Foto: Shutterstock)

BERBICARA mengenai harta karun biasanya berkaitan erat dengan bajak laut. Akan tetapi, harta karun tidak hanya bisa ditemukan di lautan lepas. Banyak pula benda-benda atau bangunan di daratan yang bisa digolongkan sebagai harta karun.

Melansir Reader’s Digest, Kamis (12/4/2018), inilah daftar harta karun yang bisa diburu oleh orang awam sekalipun :

Menorah berusia 2.000 tahun

 

Sekira tahun 70 M, orang-orang Romawi merampok Kuil Yerusalem dan melarikan diri dengan membawa Menorah yang berharga yang tersimpan di dalam kuil. Benda itu dipercaya dibawa ke Roma meskipun belum diketahui secara pasti dimana disembunyikan. Beberapa mengklaim benda tersebut ditempatkan di Bait Perdamaian Roma yang dibakar pada tahun 191.

 (Baca Juga: Galeri Unik dan Seni Bikin Wisatawan Semakin Kerasan di Borobudur)

The Imperial Seal of China

The Imperial Seal yang juga dikenal sebagai Heirloom Seal of the Realm adalah batu giok yang diukir pada 221 SM. Benda tersebut dibuat untuk Kaisar China yang baru diangkat dan diwariskan turun menurun. Namun pada abad kesepuluh, keberadaan batu giok itu tidak diketahui hingga sekarang.

The Crown Jewels of England

 

Pada 1216, Raja John dari Inggris melarikan diri dari musuh samnil membawa serta beberapa mahkota. Kemudian dirinya jatuh sakit dan para pengikutnya berfokus pada bantuan medis. Akan tetapi mereka tidak memerhatikan peti berisi perhiasan yang dibawa oleh raja dan hingga kini belum diketahui keberadaannya. Ada yang mengatakan bila peti berisi mahkota tersebut tercebur di perairan Wash.

  (Baca Juga: 7 Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak hingga Lansia)

Tongkat Dagobert

Sama seperti mahkota Inggris, tongkat Dagobert merupakan bagian dari permata mahkota Perancis yang keberadaanya tidak diketahui hingga kini. Tongkat tersebut berasal dari abad ke-7 dan terbuat dari emas murni. Sempat disimpan di Basilika St Denis hingga 1795, tongkat tersebut telah menghilang. Besar kemungkinan tongkat tersebut dicuri namun masih menjadi misteri.

Berlian Florentine

Berlian besar berwarna kuning 137,27 karat dari keluarga Medici ini juga telah hilang sejak Perang Dunia I. Beberapa orang berpikir Berlian Florentine dicuri oleh seseorang yang dekat dengan keluarga. Namun ada juga yang berpendapat jika berlian dipecah menjadi batu yang lebih kecil sehingga tidak akan terlihat lagi.

Harta Karun San Miguel

 

San Miguel adalah kapal Spanyol yang membawa sejumlah besar logam mulia dan batu yang ingin dijual oleh raja Spanyol. Pada 1715, salah satu kapal terkaya tersebut tenggelam dan belum pernah ditemukan hingga sekarang.

Kode Thomas Beale

Pada tahun 1816, Thomas Beale dan beberapa sahabat menemukan sejumlah emas dan perak dalam jumlah banyak ketika menambang di suatu tempat di Pegunungan Rocky. Mereka kemudian menyembunyikan harta tersebut di suatu tempat untuk membuatnya tetap aman. Thomas Beale kemudiann menulis surat berbentuk kode untuk memberi tahu lokasi tempat persembunyian. Namun hingga kini belum ada yang berhasil memecahkan kode surat yang dituliskan olehnya.

Emas Leon Trabuco

Pada awal 1930-an, miliuner Meksiko Leon Trabuco mengatur beberapa penerbangan misterius ke padang pasir New Mexico. Sejumlah kabar mengatakan bila Leon dan beberapa mitra bisnisnya menyembunyikan emas dan menunggu harga naik sebelum menjualnya. Namun beberapa tahun kemudian Leon bersama mitranya ditemukan dalam keadaan tak bernyawa secara misterius sehingga lokasi persembunyian emas itu tidak diketahui. (tam)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini