Image

Sempatkan Olahraga 30 Menit Setiap Hari untuk Cegah Penyakit Mematikan!

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 10:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 11 481 1885006 sempatkan-olahraga-30-menit-setiap-hari-untuk-cegah-penyakit-mematikan-3ZLDb0y8HK.jpg Ilustrasi olahraga (Foto: Kardiolesmilss)

SETIAP orang wajib menjaga kesehatan jantungnya. Salah satu kebiasaan baiknya yakni dengan olahraga. Anda bisa mulai menjaga kesehatan jantung dengan olahraga ringan. Pertahanan ini wajib dilakukan bersama-sama oleh semua kalangan keluarga.

Berdasarkan temuan yang dilaporkan dalam jurnal American Heart Association, sirkulasi darah akan lancar jika seseorang lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Cara ini bisa membuat seseorang mengalami penurunan risiko serangan jantung dan stroke.

 BACA JUGA:

Cerita Dokter Asal Makassar yang Ikut Tangani KLB Campak dan Gizi Buruk di Asmat

"Pesan utamanya adalah bahwa seseorang yang rajin beraktivitas fisik menurunkan risiko penyakit jantung," kata Profesor Kedokteran Erik Ingelsson dari Fakultas Kedokteran Universitas Stanford di California.

Untuk mencapai kesimpulan ini, para peneliti melihat data dari sekitar 500.000 orang di database Biobank Inggris. Untuk peserta dengan risiko genetik penyakit kardiovaskular, mereka menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 36% saat rajin olahraga. Sementara itu, 46% lainnya mengalami penurunan risiko fibrilasi atrium.

"Studi ini dilakukan dengan observasi terhadap populasi orang yang menderita penyakit kardiovaskular. Hasilnya sangat baik dan bisa menjadi acuan," imbuh Ingelsson.

Meskipun demikian, para peneliti mengatakan data tersebut kuat dan hasilnya layak untuk dipertimbangkan dalam pedoman. Karena bagaimanapun, olahraga jadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai anak-anak, remaja, dewasa muda, hingga lansia bisa rutin olahraga setiap hari.

Olahraga yang disarankan tidaklah merepotkan dan membakar energi lebih. Anda bisa melakukan lari pagi atau sore, bersepeda, berenang, jalan kaki 30 menit, dan beberapa kegiatan latihan lainnya yang menyenangkan.

 BACA JUGA:

Waspada, Kosmetik Ilegal Bisa Picu Kanker Kulit

Manfaatnya tidak hanya menjaga kesehatan jantung, tetapi juga bantu menurunkan berat badan. Karena olahraga efektif membakar kalori. Olahraga setiap hari juga membuat seseorang mudah menangkal penyakit infeksi, seperti flu dan batuk. Anda juga sangat bisa mencegah risiko stres yang mengganggu aktivitas. Demikian dilansir Zeenews, Rabu (11/4/2018).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini