5 Cara Hilangkan Panu Secara Alami, Salah Satunya Menggunakan Bawang Putih

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 12 194 1885710 5-cara-hilangkan-panu-secara-alami-salah-satunya-menggunakan-bawang-putih-ZAz4gzoLkv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAIN kerutan pada wajah, panu menjadi salah satu permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian orang, khususnya para kaum pria. Gejalanya ditandai dari munculnya bercak-bercak putih pada kulit wajah.

Jika tidak segera diobati, panu bisa menyebar hingga ke beberapa bagian tubuh seperti leher, tangan, bahu, dan punggung. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan krim atau salep anti jamur yang kini banyak dijual di pasaran. Di samping itu, ada juga teknik pengobatan alami yang bisa Anda praktikkan langsung di rumah. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Kamis (12/4/2018).

Belimbing wuluh dan kapur sirih

Kombinasi bahan dapur ini bisa menjadi obat yang efektif dalam mengatasi panu. Anda bisa menumbuk halus belimbing wuluh, lalu campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Setelah itu, oleskan pada bagian panu secara merata dan biarkan hingga mengering, kemudian bilas hingga bersih.

 (Baca Juga: Waspadai Efek Samping Obat Pelangsing yang Jarang Disadari)

Bawang putih

Selain digunakan untuk memperlezat cita rasa masakan, bawang putih ternyata mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh segala jenis jamur dan kuman, termasuk menyembuhkan panu. Caranya, cukup potong 1 siung bawang putih menjadi dua bagian. Lalu gosokkan pada area panu secara merata. Pada awalnya memang akan menimbulkan rasa perih, ini merupakan salah satu efek dari infeksi jamur pada kulit Anda.

Lidah buaya

Selama ini lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal yang ampuh untuk menjaga kesehatan rambut. Namun tidak banyak yang mengetahui, bahwa tanaman ini juga dapat menghilangkan panu dan membersihkan wajah sehingga tampak bersih dan segar. Cara penggunaannya, ambil lah satu batang lidah buaya, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, keluarkan gel yang terdapat pada lidah buaya, kemudian oleskan pada bagian kulit yang berpanu.

  (Baca Juga: Ini Foto-Foto saat Transgender Thailand Ikut Wajib Militer, Duh Kulitnya Bikin Iri!)

Lengkuas dan garam

Lengkuas memiliki senyawa kursetin, amilum, serta flavonoid yang dipercaya dapat mengatasi bakteri penyebab penau. Bumbu dapur ini bahkan sudah digunakan oleh orang-orang pada zaman dulu untuk mengatasi jamur kulit. Teknik penggunaannya pun terbilang praktis. Cukup belah satu batang lengkuas, lalu gosokkan pada area kulit yang ditumbuhi panu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan garam pada bagian belahan kulit lengkuas.

Minyak pohon teh

Pernah mendengar minyak yang satu ini? Para peneliti menemukan bahwa minyak pohon teh memiliki sifat anti jamur yang ampuh untuk menghilangkan infeksi pada kulit, termasuk panu. Namun efek yang ditimbulkan akan membuat kulit seperti terbakar. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan mencampurkannya dengan minyak kelapa atau lavender.

(tam)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini