nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Ini Ide Bekal Makanan Anak ke Sekolah untuk 5 Hari

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 12 298 1885668 moms-ini-ide-bekal-makanan-anak-ke-sekolah-untuk-5-hari-7cg4T5qpba.jpg Bawa bekal (Foto; RTE)

TERKADANG ibu bingung mengkreasikan bekal untuk anak yang akan dibawa ke sekolah. Karena pilihan menu dan bahan bakunya sangat terbatas.

Apalagi saat bosan melanda, ibu pasti enggan memasak bekal untuk anak-anaknya. Padahal hal itu tidak boleh terjadi karena anak butuh asupan gizi cukup selama berada di sekolah.

Ibu selalu terpaku dengan variasi makanan yang terbatas, seperti nasi, mi, roti tawar, atau olahan lainnya berbasis tepung terigu. Padahal pilihan bahan baku lain yang cocok dimakan untuk anak-anak sangat banyak. Seperti aneka umbi-umbian, biji-bijian, gandum, hingga quinoa. Pilihan bahan baku itu sangat cocok diolah menjadi bekal sehat untuk si kecil.

 (Baca Juga: 5 Tradisi Pernikahan Paling Gila dari Suku-Suku Dunia, Ritual Minum Sperma Salah Satunya!)

Pastinya ibu harus kreatif dalam membuat bekal makanan yang disukai si kecil. Karena bekal sangat penting untuk memenuhi kebutuhan makan anak-anak di sekolah.

Supaya tak bingung, Ahli Gizi Emilia Achmadi membagi ide yang bisa diterapkan ibu untuk membuat bekal sehat, yang bisa dibawa anak-anak ke sekolah selama lima hari. Pasti menunya menarik dan sangat variatif. Simak ulasannya berikut ini, dirangkum Okezone, Kamis (12/4/2018).

Senin: Macaroni schotel, buah jeruk, susu rasa mocha, granola.

Selasa: Egg and cheese quesadilla, susu rasa cokelat, buah apel.

Rabu: String cheese, waffle, buah pisang dan strawberry, susu vanilla.

Kamis: Cracker, selai kacang dan blueberry, anggur, susu rasa strawberry.

Jumat: Cracker, cream cheese, baby carrot, susu cokelat.

Tips dan trik:

1. Setiap hari Minggu, ibu pergi ke supermarket untuk belanja kebutuhan bekal anak selama sepekan.

2. Ajak anak-anak belanja mingguna supaya mereka tahu dan merasa penasaran dengan kreasi bekal yang akan dibuat oleh ibu.

3. Buat daftar belanja yang relevan dan harga terjangkau. Jangan lupa membeli sayuran, buah, telur, aneka daging, granola, susu, selai kacang, crackers, dan sebagainya.

4. Kembangkan ide baru dalam mengkerasikan bekal anak. Ibu jangan merasa bosan dan akhirnya malas menyiapkan bekal si kecil.

 (Baca Juga: 8 Harta Karun yang Hingga Kini Masih Menjadi Misteri)

5. Tanya kepada anak, bekal apa yang ingin dibawanya ke sekolah supaya tidak tidak bosan dan mau menghabiskan makanannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini