nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Gua Keramat di Misool Raja Ampat yang Penuh Misteri

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 12 406 1885877 pesona-gua-keramat-di-misool-raja-ampat-yang-penuh-misteri-zcQPXNP1nH.jpg Gua Keramat di Misool Raja Ampat (Foto: @rhyando/Instagram)

PESONA Raja Ampat di Papua Barat memang sudah tidak diragukan. Banyak orang yang menjadikannya bucket list untuk dikunjungi. Entah itu yang memang senang bepergian atau yang hanya sekadar ingin melihat keindahan panorama alam.

Salah satu tempat menarik untuk dikunjungi adalah Misool. Di sana wisatawan tak hanya bisa melainkan pantai saja. Terdapat sebuah gua yang menyimpan misteri dan mengundang penasaran. Gua itu bernama Gua Keramat dan berada di Teluk Tomolol.

Untuk mencapai gua ini, wisatawan harus menggunakan speed boat yang disewa dari Desa Harapan Jaya. Perjalanan harus ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Wisatawan pun disarankan untuk menyewa pemandu lokal agar mendapatkan informasi mendetail mengenai objek wisata yang akan dikunjungi.

Selama perjalanan menggunakan speed boat, wisatawan akan disuguhi pemandangan lautan yang tiada tara. Sesampainya di mulut gua biasanya pemandu akan mengajak wisatawan untuk berziarah ke kuburan suami istri. Pasangan tersebut diyakini sebagai tokoh yang menyebarkan agama Islam di Misool. Namun bagi wisatawan perempuan yang sedang datang bulan tidak diperkenankan untuk ziarah.

(Foto: @chef.litha/Instagram)

Keunikan lain dari mulut gua adalah di bagian atasnya terdapat lafaz “Allah” berwarna putih yang tercetak alami di bebatuan. Di dalam gua terdapat bebatuan stalagtit dan stalagmit yang mengelilingi serta perairan dangkal yang sering digunakan untuk berenang. Bagi wisatawan yang ingin nyemplung ke dalam perairan tersebut disarankan untuk berdoa terlebih dahulu. Selain itu, wisatawan juga harus menuruni tangga kayu.

Wisatawan diperkenankan untuk berenang menelusuri gua. Tetapi disarankan jangan terlalu masuk karena semakin dalam semakin gelap. Jangan lupa pula untuk menggunakan pelampung demi menjaga keselamatan.

(Foto: @rhyando/Instagram)

Air di dalam gua sangatlah bening dan memancarkan warna hijau tosca. Kedalaman air bisa mencapai empat meter, namun menyesuaikan dengan kondisi laut yang pasang surut. Di sekitar gua terdapat banyak sudut yang artistik termasuk kepulauan karst sehingga cocok dijadikan tempat untuk mengambil foto.

Di dalam gua juga terdapat batu besar yang menyembul dari balik air dan sering disebut sebagai singgasana raja. Di depan batu terdapat jalur untuk menuju Kamar Putri yang tingginya kira-kira tiga meter. Bagi wisatawan yang penasaran ingin naik dan melihat kamar tersebut harus berhati-hati karena jalan licin serta tidak ada penerangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini