Share

Tips Menyembuhkan Sariawan Tanpa Obat-obatan

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 10:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 12 481 1885539 tips-menyembuhkan-sariawan-tanpa-obat-obatan-URTiyM9yVT.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Sariawan adalah luka kecil kemerahan dalam mulut Anda yang biasanya terdapat pada pipi, lidah dan bibir. Sebenarnya tidak diketahui pasti penyebab timbulnya sariawan, namun beberapa kejadian seperti bagian dalam mulut yang tergigit saat mengunyah dan sikatan gigi yang terlalu kuat, diyakini dapat memicu munculnya sariawan.

Meskipun rasa perih yang ditimbulkannya tidak menyenangkan, tapi sariawan biasanya tidak berbahaya dan seiring berjalannya waktu, dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa tindakan dapat Anda lakukan untuk mengatasi sariawan Anda yang menyakitkan, seperti:

1. Madu

Mengoleskan madu di atas sariawan Anda akan mampu mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya. Seperti dilansir dari Prevention, ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Saudi Arabia University terhadap 94 partisipan yang menemukan, bahwa terdapat penurunan rasa sakit yang timbul serta sariawan yang muncul setelah partisipan mengoleskan madu di atas sariawan mereka selama empat hari. Hal ini diyakini terjadi karena adanya kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dimiliki oleh madu.

2. Larutan garam

Berkumur-kumur dengan campuran air garam selama kurang lebih 30 menit, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan Anda. Selain itu, larutan garam juga diyakini memiliki kemampuan anti-peradangan dan anti-bakteri yang dapat mencegah sariawan Anda berkembang semakin parah. Tak perlu banyak, satu setengah sendok teh cukup untuk membuat larutan ini.

3. Kelapa

Kelapa diyakini mampu mengurangi rasa sakit serta mencegah peradangan memburuk. Mengolesi sariawan Anda dengan campuran madu dan susu kelapa atau dengan minyak kelapa sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari, dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi sariawan ini. Kelapa juga diyakini dapat membantu menyejukkan suhu tubuh, yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan.

4. Kantung teh bekas

Menempelkan kantung teh bekas selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda diyakini mampu membantu mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Ini karena teh merupakan suatu zat basa yang dapat menetralisir keberadaan asam yang mampu memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan.

5. Menghindari makanan asam

Makanan asam disinyalir mampu menyebabkan kerusakan permukaan suatu jaringan tubuh. Sehingga membatasi konsumsi makanan asam dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit dan mencegah perkembangan kondisi sariawan tersebut. Sebagian besar sayuran, susu, air kelapa, dan teh memiliki derajat keasaman yang rendah sehingga aman untuk sariawan Anda.

Kapan sariawan harus diperiksakan ke dokter?

Sariawan biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa hari hingga dua minggu untuk penyembuhannya. Namun sebaiknya periksakan sariwan yang Anda miliki bila:

-Sariawan tersebut tetap bertahan hingga tiga minggu.

-Sariawan tersebut kerap kali datang.

-Sariawan Anda justru terasa semakin perih, semakin memerah, atau semakin besar.

-Kemunculan sariawan Anda diikuti dengan timbulnya gejala lain seperti demam, diare, dan sakit kepala.

-Sariawan yang Anda miliki bahkan menyulitkan Anda dalam menelan.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini