nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Mariah Carey, 7 Selebriti Ini Juga Mengidap Gangguan Bipolar

Helmi Ade Saputra-Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 16:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 12 481 1885789 selain-mariah-carey-7-selebriti-ini-juga-mengidap-gangguan-bipolar-MsNtmmRu0m.jpg Mariah Carey ungkap dirinya idap bipolar (Foto: Rap-Up)

KEPADA People Diva R&B Mariah Carey buka-bukaan tentang gangguan bipolar yang diidapnya selama ini. Mariah Carey mengaku didiagnosa mengidap bipolar pada 2001.

“Aku tak percaya bisa mengidap bipolar yang berpotensi menghancurkan karierku. Aku terlalu takut kehilangan segalanya," katanya seperti dikutip dari People, pada 11 April 2018.

Setelah bertahun-tahun bungkam, pelantun Hero tersebut akhirnya tak kuasa menyimpan rahasianya sendiri. “Aku memutuskan harus mencari bantuan medis dan menerima perawatan kalau ingin sembuh,” tuturnya.

Mariah Carey hanya satu dari beberapa selebriti yang juga mengidap gangguan bipolar. Ya, Carey tidak sendiri, beberapa selebriti berikut ini juga mengalami gangguan bipolar seperti dirinya:

Russell Brand

Pria asal Inggris ini berprofesi sebagai komedian, aktor, dan aktivis. Ia juga menyuarakan mengenai gangguan bipolar kepada persona publik, dalam bentuk pertunjukan maupun tulisan. Brand merasa tidak bahagia pada masa kecilnya. Ia sempat terjerumus pada heroin, bulimia, dan kecanduan seks.

(Foto: Thetimes)

Catherine Zeta-Jones

Menyaksikan suaminya yang berjuang melawan kanker, Catherine Zeta-Jones sempat dilanda stres. Ia memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan mental dan mendapatkan pengobatan untuk mengatasi bipolar II.

Bipolar jenis ini ditandai dengan serangan periode depresi dengan periode suasana hati yang sedikit lebih tinggi. Kini, ia sangat vokal mengelola gangguan jiwanya, serta memerangi stigma yang ditujukan pada orang dengan gangguan bipolar.

(Foto: Vanityfair)

Kurt Cobain

Ah, siapa yang tidak menyukai lagu-lagu rock Kurt Cobain? Ia didiagnosis Attention Deficit Disorders dan gangguan bipolar di usia muda. Gangguan ini menjerumuskan dirinya pada kecanduan narkoba. Pada usia 27 tahun Cobain bunuh diri setelah keluar dari pusat rehabilitasi narkoba.

(Foto: Thedailybeast)

Demi Lovato

Penyanyi inspiratif ini didaignosis mengidap bipolar pada usia 19 tahun. Atas desakan keluarga, Lovato menjalani pengobatan. Melalui kerja keras, secara bertahap ia datang untuk memahami dan mengelola penyakitnya.

(Foto: Billboard)

Nina Simone

Musisi jazz ini juga seorang aktivis yang berjuang atas gangguan bipolarnya. Dalam berkarier, Simone sempat dijuluki “difficult diva” dan mengutarakan kemarahannya. Kendati demikian, ia mengabaikan tekanan untuk menyesuaikan dirinya pada kehidupan sosial normal.

(Foto: Thedailybeast)

Sinéad O'Connor

Penyanyi asal Irlandia ini mulai mengalami depresi di usia 20-an. Seiring berjalannya waktu, depresi Sinéad O'Connor terus memburuk hingga memunculkan pikiran untuk bunuh diri. Ia pun akhirnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan didiagnosis mengidap gangguan bipolar pada usia 37 tahun. Dalam sebuah acara di stasiun televisi, Sinéad mengungkapkan obat-obatan membantunya untuk membangun kehidupan.

(Foto: Wennermedia)

Robin Williams

Aktor kawakan ini sempat membuat penggemarnya di seluruh dunia kaget karena memutuskan mengakhiri hidupnya pada 2014 lalu. Setelah kabar kematiannya, Robin Williams diketahui mengidap bipolar dan depresi. Ia harus menghadapi semuanya itu selama bertahun-tahun.

(Foto: Telegraph)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini