nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daging Kambing Lebih Sehat Dibandingkan Daging Ayam?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 19:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 298 1886360 daging-kambing-lebih-sehat-dibandingkan-daging-ayam-z7m9B3Q3z0.jpeg Berbagai jenis daging (Foto: Vox)

ADA beberapa kesalahpahaman yang membuat seseorang kesulitan untuk memutuskan makanan apa saja yang aman dan sehat untuk dikonsumsi. Misalnya, selama ini kita sering mendengar daging merah seperti sapi dan kambing itu cenderung tidak sehat jika dibandingkan daging ayam dan ikan.

Tapi tidak banyak yang mengetahui bahwa daging kambing adalah salah satu jenis daging merah yang paling sehat. Bahkan, olahan sup daging kambing juga dikenal dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit. Lalu, seperti apa saja manfaat konsumsi daging kambing untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Jumat (13/4/2018).

Kaya akan vitamin dan mineral

Daging kambing merupakan salah satu daging merah yang paling sehat karena mengandung lebih banyak lemak tak jenuh. Asam linoleat (CLA) yang terkandung di dalamnya juga ampuh mengurangi risiko peradangan pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat pada daging kambing seperti B12, riboflavin, niacin, dan asam pantotenat juga berfungsi mencegah penyakit kanker pada manusia.

 (Baca Juga: Yuk Bikin Sate Ikan Mas atau Sate Salmon untuk Makan Malam)

Rendah kalori

Sebuah studi yang dikeluarkan pada 2012 lalu menemukan bahwa, daging kambing memiliki sekitar 40 persen lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan ayam. Dengan kata lain, mengonsumsi daging kambing ternyata jauh lebih sehat daripada mengonsumsi ayam. Fakta menarik lainnya, daging kambing diklaim memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat menjaga kepadatan dan kekuatan tulang di dalam tubuh.

Bagus untuk menurunkan berat badan

Vitamin B yang ditemukan pada daging kambing dipercaya ampuh membantu membakar kelebihan lemak di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfat bagi orang-orang yang sedang menjalani diet atau ingin menurunkan berat badan mereka. Dengan kandungan zat besi dan vitamin B12 yang tinggi, daging kambing juga membantu tubuh untuk meningkatkan produksi hemoglobin yang berfungsi meningkatkan metabolisme.

  (Baca Juga: Inspirasi Tampil Stylish dengan Bra ala Dua Lipa)

Lebih aman dan bersih

Pendiri Chevon Agrotech, Rizwan Thakur mengatakan, "Sebagian besar daging ayam yang dijual di pasaran sebetulnya berasal dari proses operasi komersial, sehingga kualitasnya jauh lebih rendah dibandingkan daging kambing,".

Dalam arti lain, daging kambing jauh lebih bernutrisi dan aman untuk dikonsumsi dibandingkan daging ayam yang telah diberi antibiotik dan zat-zat kimia lainnya.

Ikuti saran dokter

Terlepas dari fakta-fakta di atas, sebaiknya hindari konsumsi daging kambing jika dokter atau ahli gizi Anda telah menyarankan untuk melakukannya. Namun secara keseluruhan, daging kambing merupakan salah satu sumber nutrisi yang sehat dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini