nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Backpacker-an Seru dan Hemat di Makassar? Jangan Lupakan 6 Tips Ini

Advertorial, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 00:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 406 1886290 mau-backpacker-an-seru-dan-hemat-di-makassar-jangan-lupakan-6-tips-ini-Nn3wxdkbVK.jpg source:indonesiaexplorer

MAKASSAR - merupakan satu dari sekian banyak kota di Indonesia yang cocok dijadikan wisata hemat ala backpacker. Selain terdapat banyak destinasi menarik, akomodasi dan transportasi di sana juga terbilang cukup terjangkau.

Nah, buat kamu yang ingin mengeksplorasi Makassar dengan bujet terbatas, tapi tetap seru, ada baiknya menerapkan tips-tips berikut:

Lakukan Perjalanan pada Malam Hari

Salah satu penyebab membengkaknya biaya liburan adalah dana yang dikeluarkan untuk menginap. Nah, ada trik untuk kamu yang ingin menghemat dana, yaitu dengan melakukan perjalanan pada malam hari, misalnya menggunakan bis malam saat akan menuju Tanah Toraja. Dengan cara ini, kita bisa menekan pengeluaran yang sedianya dialokasikan untuk hotel.

Bis malam umumnya beroperasi mulai pukul 21.00 dengan tarif mulai Rp120 ribu untuk yang berfasilitas AC dan mulai Rp80 ribu untuk yang non-AC. Tenang saja, bis malam di Makassar cukup nyaman kok untuk beristirahat. Namun, kamu tetap harus waspada dengan barang bawaanmu, ya!

Rental Kendaraan

 

Source : pixabay

Selain akomodasi menginap, pos lain yang memakan dana cukup besar adalah transportasi, terlebih jika kita berkunjung ke banyak tempat yang lokasinya berjauhan satu sama lain. Untuk menekan biaya, lebih baik manfaatkan jasa sewa motor yang banyak terdapat di lokasi.

Secara matematika, menyewa motor jauh lebih murah daripada harus naik kendaraan umum atau menyewa mobil. Selain itu, kita juga bisa lebih bebas ke mana saja karena motor lebih praktis dibawa, bahkan ketika melewati daerah dengan medan yang sulit.

Bawa Senter

Ya, Makassar memiliki wisata jelajah gua yang menarik dan wajib dicoba, yakni Londa. Untuk bisa melihat lokasi makam di dalam gua yang kondisinya gelap gulita, biasanya pihak pengelola menyewakan lampu petromaks dengan harga mulai Rp25.000. Nah, kamu bisa menghemat pengeluaran dengan membawa senter sendiri. Solusi yang sangat membantu, kan?

Cari Akomodasi Murah