nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belajar di Waktu Subuh Sebelum Ujian Bisa Bikin Otak Lebih Segar, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 10:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 13 481 1886104 belajar-di-waktu-subuh-sebelum-ujian-bisa-bikin-otak-lebih-segar-benarkah-EENoF8hAzB.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

APAKAH Anda pernah dinasihati orangtua untuk sempatkan belajar di jam 5 pagi sebelum akhirnya berangkat sekolah dan mengerjakan ujian?

Jika pernah, nasihat yang diberikan orangtua itu ternyata ada baiknya. Mungkin, bagi orangtua, meminta anaknya belajar di jam tersebut membuat si anak masih bisa menghafal apa yang dia pelajari. Tapi, bagaimana penjelasan ilmiah menjawabnya?

Dijelaskan Dokter Spesialis Saraf RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, dr. Gea Pandhita, M.Kes, Sp.S, ketika Anda belajar di subuh hari (sekitar pukul 5 pagi), yang terjadi kemudian adalah otak mendapat rangsangan baru dan ini baik untuk proses mengingat.

 (Baca Juga: Fakta Baru Mengenai Para Pembantu Bugil yang Kontroversial di Dunia)

Tidak bisa dipungkiri, ujian yang dilakukan di sekolah atau kampus biasanya menuntut Anda untuk menghafal. Nah, dengan belajar di jam seperti itu, otak belum mendapat banyak rangsangan lain sehingga otak tetap fokus pada apa yang Anda pikirkan di jam Subuh.

"Berbeda sekali ketika Anda belajar di malam atau siang hari setelah sekolah berakhir. Proses yang terjadi setelah Anda belajar akan merusak ingatan yang sudah sengaja Anda simpan di otak," terang dr. Gea, Kamis 12 April 2018.

Apalagi, kejadian yang terjadi setelahnya memiliki sisi emosional yang kuat, sehingga kemungkinan otak akan lebih memilih menyimpan memori seperti itu dibandingkan memori pelajaran.

(Baca Juga: 7 Manfaat Daun Kelor Selain Melancarkan Produksi ASI)

Dr. Gea melanjutkan, belajar di subuh hari itu juga lebih baik karena Anda sudah beristirahat sebelumnya. Ini mengharuskan otak untuk menyiapkan ruang baru yang lebih segar. Kalau sudah begitu, tentunya pelajaran yang Anda harapkan masuk ke otak akan berjalan lebih lancar.

Di sisi lain, dr. Gea mengungkapkan bahwa agar memori bisa bertahan lebih lama, tidur adalah cara yang tepat. Ini terjadi karena pada proses tidur itu, otak memaksimalkan penyimpanan memori.

Jadi, dari dua pernyataan tersebut, dapat dijelaskan bahwa belajar sebelum tidur ada baiknya juga tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai otak terlalu stres menerima rangsangan ingatan. Nah, jam Subuh menjadi penyegar dari apa yang telah Anda pelajari sedikit sebelum tidur.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini