Waspada, Punya Tahi Lalat Berdarah Jangan Pernah Dipijat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 13 481 1886200 waspada-punya-tahi-lalat-berdarah-jangan-pernah-dipijat-7tJVoavBRf.jpg Pijat (Foto: Nordikspanature)

KETIKA Anda merasa tubuh sedang letih dan tidak bertenaga, biasanya pijit menjadi jalan keluar yang menyenangkan. Tidak hanya akan membuat tubuh kembali segar, tetapi aliran darah juga akan lebih lancar dan itu membuat Anda merasa lebih sehat.

Pemijatan yang tepat bukan berasal dari usaha coba-coba. Menurut Dokter Spesialis Akupuntur dr. Kemas Abdurrohim, MARS, M.Kes, Sp.AP, semuanya itu berdasarkan pengetahuan yang benar dan berdasar dengan ilmu yang memang memelajarin bidang keilmuan ini.

 BACA JUGA:

Cerita Perjuangan Rustono "King of Tempe", yang Bikin Tempe Go Internasional

Tidak bisa dipungkiri, masyarakat kita masih banyak yang menggunakan jasa tukang pijat untuk melakukan rileksasi. Padahal, apa yang dilakukan mereka belum tentu berdasar pada bidang keilmuan yang memang memahami tentang hal ini.

Alhasil, banyak kesalahan yang sering terjadi. Salah satu hal yang mesti diperhatikan di sini adalah pijat refleksi ternyata tidak bisa dilakukan pada semua orang. Ada orang-orang yang tidak boleh menerima pijatan ini, misalnya saja penderita kanker.

"Mereka yang menderita kanker diharapkan tidak menerima pijat refleksi. Sebab, dikhawatirkan pemijatan di tempat yang salah akan membuat kanker di tubuh komplikasi dan ini membahayakan tubuh pasien," terang dr Kemas saat diwawancarai di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Pemijatan refleksi pada penderita kanker juga dikhawatirkan akan muncul kontra indikasi yang mana ini berkaitan dengan kelanjutan hidup si pasien.

Kemudian, pijat refleksi juga tidak disarankan dilakukan pada tubuh atau wajah yang mana memiliki tahi lalat yang berdarah. Hal ini berkaitan dengan masalah lanjutan yang kemungkinan besarnya sangat bisa terjadi. Dr Kemas menjelaskan, masalah yang bisa muncul dengan Anda memijat tahi lalat berdarah adalah infeksi atau bagian tersebut menjadi radang.

 BACA JUGA:

Inspirasi Tampil Stylish dengan Bra ala Dua Lipa

"Kalau memang akhirnya ada titik di badan yang sebetulnya tidak boleh mendapat pemijatan refleksi, biasanya tubuh akan memberikan tanda, antara lain area kulit yang bermasalah menjadi merah, ketika diraba panas, dan yang cukup serius adalah rasa nyeri pada lengan," tambahnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini