nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hentikan Kebiasaan Pakai Pakaian Sehabis Dibeli, Ini Bahaya yang Mengintai

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 15:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 481 1886280 hentikan-kebiasaan-pakai-pakaian-sehabis-dibeli-ini-bahaya-yang-mengintai-y5f7dbvuT4.jpg Ilustrasi (Foto: iheart)

KEBANYAKAN orang biasanya akan menyediakan waktu khusus untuk berbelanja pakaian. Sebab mereka memerlukan banyak waktu untuk memilih model, warna, hingga ukuran pakaian. Belum lagi saat sudah menemukan pilihan yang dianggap tepat setelah dicoba ternyata tidak pas. Hal itu tentu menambah waktu yang diperlukan untuk mencari pakaian yang sesuai.

Walau begitu ada pula orang yang membeli pakaian di saat kepepet sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk memilih, yang penting muat di badan. Kemudian pakaian tersebut langsung segera dipakai untuk menghadiri acara tertentu. Bagi Anda yang sering melakukan tindakan demikian, sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan.

Seorang ahli mikrobiologi dan patologi mengungkapkan jika pakaian baru yang tidak dicuci dapat menyimpan kuman feses, norovirus, dan bakteri (termasuk strep dan staph). Profesor Philip Tierno dari New York University menyatakan jika fakta itu ida dapatkan setelah melakukan penelitian terhadap pakaian yang dijual di toko-toko. Hasil dari penelitian menunjukkan jika pakaian-pakaian tersebut memiliki jumlah kuman yang sangat tinggi karena banyak orang yang mencobanya.

“Pakaian itu bukan hanya sekadar dicoba oleh empat atau lima atau enam orang, melainkan lusinan orang. Terlebih bila pakaian berada di toko selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan,” jelas Profesor Philip seperti yang dikutip dari Fox News, Jumat (13/4/2018).

Baca Juga: Mengungkap Penyakit yang Membuat Tulang Orang 'Meleleh' seperti Lilin

Banyak kuman yang tersebar melalui kulit, pernapasan, anus, termasuk pakaian yang ada di toko. Selain itu Profesor Philip juga menambahkan jika ada beberapa pakaian yang menggunakan bahan kimia dan pewarna pada tahap finishing sehingga dapat mengiritasi kulit. Maka dari itu, setiap orang sangat disarankan untuk mencuci terlebih dahulu pakaian yang dibelinya sebelum dikenakan.

Baca Juga: Hari Gendut Sedunia, Ini 4 Fakta Obesitas yang Bikin Kamu Ingin Cepat Kurus!

Gagasan itu pun disetujui oleh pekerja ritel. Seorang mantan saleswoman mengatakan banyak customer yang langsung memakai pakaian yang dibelinya karena memikir itu masih baru, padahal tidak demikian. Sementara itu, seorang profesor dermatologi di Columbia University Medical Center, Donald Belsito, mengatakan jika dirinya pernah melihat pakaian yang dibeli di toko dan tidak dicuci memfasilitasi penyebaran kudis, kutu, jamur, dan penyakit menular lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini