Ini Dia Tempat Makan Soto Pilihan Presiden Jokowi dan Iriana di Semarang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 16:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 14 298 1886685 ini-dia-tempat-makan-soto-pilihan-presiden-joko-widodo-dan-iriana-di-semarang-ar4fG4b9VY.jpg Presiden Jokowi dan Iriana makan soto di Semarang (Foto: Media Sekretariat Presiden)

SETELAH melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di Provinsi Papua dan Papua Barat, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat ini tengah menikmati libur akhir pekan di Semarang, Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya ke Semarang, Jokowi dan Ibu Iriana menyempatkan diri mencicipi kuliner khas lokal yang juga dikenal sebagai kota pelabuhan tersebut. Pada kesempatan ini, Jokowi menjatuhkan hatinya pada olahan soto khas Semarang yang disantapnya sebagai menu sarapan pagi.

Berdasarkan laporan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, Presiden Jokowi pagi tadi memutuskan untuk mencicipi kuliner legendaris khas Semarang di Rumah Makan Soto Ayam Pak Man. Presiden dan rombongan tiba di rumah makan tersebut pada pukul 07.50 WIB.

Sesampainya di rumah makan yang berlokasi di Jalan Pamularsih Raya tersebut, Presiden dan Ibu Iriana disambut langsung pemilik rumah makan, Pak Sholeman. Beberapa menu makanan pun turut disajikan seperti soto ayam, aneka jenis sate, dan gorengan. Presiden pun memilih menyantap semangkuk soto dengan ditemani sate dan tempe goreng.

Selesai menyantap hidangan, Presiden dan rombongan meninggalkan rumah makan sekitar pukul 08.20 WIB. Presiden langsung kembali ke hotel untuk kemudian bersiap melakukan agenda kerja berikutnya, yaitu silaturahmi penyuluh agama se-Provinsi Jawa Tengah di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang.

Mengulik sedikit tentang Soto Ayam Pak Man, warung makan ini ternyata sudah mulai beroperasi sejak tahun 1992 lalu. Pada awalnya, Bapak Ngateman menjajakan olahan sotonya di pinggir jalan seperti pedagang kaki lima pada umumnya. Namun seiring berjalannya waktu, bisnis soto miliknya itu pun mulai berkembang dan kini sudah memiliki outlet sendiri.

Keistimewaan Soto Ayam pak Man Sendiri terletak pada kuahnya yang bening dan segar. Para pengunjung dapat menambahkan saus, kecap, jeruk nipis sesuai dengan selera. Selain itu, ada juga pilihan kuah sate yang terbuat dari campuran satu sendok bumbu sate yang akan membuat cita rasa soto menjadi lebih menggugah selera.

Sementara untuk isiannya, soto ini terdiri dari nasi, potongan kembang kol yang diiris-iris, ayam suwir, selederi, perkedal, dan ada pula potongan tempe bacem. Namun bagi Anda yang tertarik untuk mencicipinya, siapkanlah budget lebih mengingat porsi yang disajikan cenderung sedikit.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini