Leuwi Korsi, Kolam Kecil Tersembunyi yang Eksotis di Garut

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 09:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 14 406 1886584 leuwi-korsi-kolam-kecil-tersembunyi-yang-eksotis-di-garut-M55Jy0I0gP.jpg Wisata Leuwi Korsi di Garut (Foto: @bungbulangamazing/Instagram)

PERKEMBANGAN media sosial ternyata turut memengaruhi minat orang untuk berwisata. Kini banyak orang yang mengunjungi tempat wisata tertentu bukan hanya sekadar untuk menikmati pemandangan, tetapi juga berfoto di spot yang bagus. Terlebih bila spot foto tersebut tengah viral di media sosial.

Sebagai contoh, di Instagram kini mulai bermunculan foto yang menunjukkan keindahan Leuwi Korsi. Beberapa pengguna juga mulai mengunjungi tempat wisata tersebut untuk berfoto. Sekadar informasi, tempat wisata berbentuk kolam tersebut berada di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Leuwi dalam Bahasa Sunda berarti kolam. Ya, di tempat wisata tersebut memang terdapat cekungan kecil berisi air seperti kolam. Wisatawan lokal sudah banyak yang mengunjungi kolam tersebut karena kejernihan airnya dan memancarkan warna biru. Walaupun terkadang warna air bisa berubah menjadi coklat tergantung kondisi cuaca.

Tak hanya itu, udara sejuk dan pemandangan alam yang dipenuhi oleh pepohonan membuat wisatawan merasa betah untuk duduk berlama-lama. Terlebih di sekitaran kolam terdapat tebing batu yang tersusun seperti kursi dan biasa diduduki. Bentuk batu itulah yang mengilhami penamaan tempat tersebut.

Selain itu, batu-batu yang tersusun rapi dan meninggi tersebut diyakini merupakan salah satu situs megalitikum yang ada di Indonesia. Batuan yang diberi nama Columnar Joint itu juga sering dijadikan spot untuk berfoto oleh para wisatawan yang datang karena latar belakangnya yang unik.

Bagi wisatawan yang mengunjungi tempat ini disarankan jangan puas hanya berfoto. Sebab wisatawan harus merasakan kesegaran air di dalam kolam. Arus air kolam yang tenang merupakan kondisi yang pas untuk bermain air.

Sekadar informasi, letak Leuwi Korsi ini bisa dikatakan tersembunyi sehingga wisatawan disarankan untuk membawa persediaan makanan dan minuman. Perjalanan menuju tempat wisata tersebut juga tergolong melelahkan karena medan jalan yang harus dilalui berbatu. Namun perjalanan akan terasa menyenangkan karena selama menelusuri jalan wisatawan akan dimanjakan dengan hijaunya pepohonan pinus yang memanjakan mata.

Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi dan mengambil rute ke arah selatan Kota Garut tepatnya ke arah Sasak Rumpit dengan melewati Jalan Raya Cisompet. Berjarak kurang lebih 66 km dari pusat kota, perjalanan memakan waktu kira-kira 2 jam. Sesampainya di gapura penunjuk lokasi, wisatawan harus melanjutkan perjalanan dengan trekking di dalam hutan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini