Image

Pisang Epe, Jajanan Khas Makassar yang Miliki Segudang Manfaat Kesehatan

Prayudha, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 14:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 298 1886878 pisang-epe-jajanan-khas-makassar-yang-miliki-segudang-manfaat-kesehatan-3rAVRtErPV.jpg Gubernur Sulsel Menikmati Pisang Epe (Foto: Prayudha/Kontributor)

ADA yang berbeda yang dilakukan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Soni Sumarsono saat menghabiskan Sabtu malam, 14 April 2018 di sudut Pantai Losari, Makassar.

Tak hanya menikmati keindahan Pantai Losari, Gubernur Soni juga menikmati pisang epe di kawasan pedagang yang terletak di jalan Penghibur, Kota Makassar. Selain mencicipi pisang epe pria kelahiran Tulungagung, Jawa Timur tersebut, juga membongkar khasiat pisang epe (makanan khas Makassar) bagi masyarakat umumnya. Selain kandungan memiliki potasium yang dinilai baik untuk melancarkan peredaran darah, makanan khas Makassar ini juga dapat menormalkan fungsi pada jantung, dan mengurangi risiko sembelit.

"Saya sengaja jalan dan agenda dadakan tanpa pengawalan seperti pada umumnya. Lalu kemudian memang rencananya makan pisang epe jajanan khas Makassar. Dan banyak orang yang tidak tahu menahu akan khasiat pada pisang selain menjernihkan mata, juga dapat memperbaiki fungsi jantung," kata Soni.

Selain memiliki rasa gurih dan manis, pisang tersebut juga memiliki cita rasa yang bervariasi. Seperti rasa durian, keju, dan coklat. Apalagi pisang tersebut diberi tambahan milo dan susu, rasanya Maknyuss!

"Tetapi yang membedakan makanan khas Makassar tersebut ternyataa dia di gilas dengan menggunakan alat khusus agar supaya pisangnya rata. Makanya dinamakan pisang epe dengan siraman gula arennya," jelas Soni.

Soni pun optimis jika kuliner Makassar bisa melejit apabila bisa dikelola dengan baik.

"Seandainya para pedagang menempelkan spanduk yang bertuliskan kan khasiat pisang epe. Maka mereka tidak perlu lagi dengan susah payah. Malahan pengunjung akan semakin membludak," bebernya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini