Image

Purwakarta Salah Satu Penyumbang Terbesar Kunjungan Wisatawan ke Jabar

Mulyana, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 15:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 15 406 1886904 keren-purwakarta-salah-satu-penyumbang-terbesar-kunjungan-wisatawan-ke-jabar-U7RlqtdYq3.jpg Potensi Wisata Purwakarta (Foto: Okezone)

Pemkab Purwakarta, Jawa Barat, dinilai sukses dalam melakukan penataan di sektor kepariwisataan. Tak heran, jika saat ini kepariwisataan di wilayah kecil kedua di Jabar itu, menjadi daerah yang cukup dipertaruhkan di kancah nasional maupun internasional.

Signifikannya perkembangan pariwisata di wilayah ini, ternyata berbuah kebanggaan. Pujian pun bersahutan dari berbagai kalangan. Salah satunya, dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Barat.

Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida, melontarkan langsung pujiannya itu saat berkunjung ke Purwakarta belum lama ini. Menurutnya, konsep kepariwisataan yang diterapkan Pemkab Purwakarta sudah sangat efektif. Apalagi, imbas dari penataan ini membuat perekonomian masyarakat turut meningkat.

"Sektor Pariwisata di Purwakarta sudah sangat berkembang pesat," ujar Ida.

Tak heran, kata Ida, sejak beberapa tahun ini sektor pariwisata di Purwakarta menjadi penyumbang terbesar ketiga atas kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporaparbud), Kabupaten Purwakarta, Heri Anwar mengapresiasi pujian yang dilontarkan Kadisbudpar Jabar itu. Menurutnya, Purwakarta bisa seperti sekarang ini berkat kerjasama semua pihak.

"Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan potensi pariwisata yang ada," ujar Heri.

Heri menjelaskan, terus meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke Purwakarta, bukan tanpa alasan. Mengingat, saat ini destinasi wisata di wilayahnya pun mengalami penambahan sebanyak 13 lokasi.

Saat ini, kata dia, di wilayahnya ada 45 lokasi wisata yang tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada. Padahal, di 2015 lalu wisata yang ada hanya 32 lokasi. Dengan kata lain, ada penambahan sebanyak 13 lokasi dibanding dua tahun sebelumnya.

"Setiap tahunnya ada penambahan. Sampai saat ini sudah ada 45 lokasi wisata. Dari jumlah destinasi ini, wisata alam lebih mendominasi. Selebihnya,kuliner dan wisata religi," tambah dia.

Menurut dia, dengan banyaknya tepat wisata primadona ini, pihaknya memprediksi jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat lagi. Tahun ini, target kunjungan yang ditetapkan dinasnya sekitar 2,5 juta pengunjung. Namun, pihaknya memrediksi realisasi jumlah kunjungan ini akan kembali melebihi target yang telah ditentukan itu.

"Dengan banyaknya lokasi wisata, kami optimistis jumlah kunjungan akan kembali melebihi target, seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya (Mulyana)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini