Kanker Serviks Intai Perempuan, Iriana Joko Widodo Ajak Masyarakat Sorong Tes IVA

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 15:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 481 1886885 kanker-serviks-intai-perempuan-iriana-joko-widodo-ajak-masyarakat-sorong-tes-iva-BwpXUohgC2.jpg Kanker serviks (Foto: Aaj.tv)

IBU Negara Iriana Joko Widodo pekan kemarin bertolak ke Papua. Banyak kegiatan yang dilakukan, termasuk mengedukasi perempuan di Kota Sorong agar mau deteksi dini kanker serviks.

Kunjungannya kali ini mengajak Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K). Di sana mereka meninjau langsung kegiatan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) yang dilakukan oleh masyarakat di sekitar Puskesmas Remu, Sorong.

Iriana mengatakan, masyarakat agar semangat melakukan tes IVA supaya jauh dari penyakit kanker. Dia pun mengimbau kepada pemerintah, agar semangat untuk mensosialisasikan kegiatan tes IVA supaya masyarakat paham.

"Pemerintah dan masyarakat harus semangat sosialisasi kesehatan dan deteksi dini kanker," ujar Iriana, dikutip Instagram resmi Kementerian Kesehatan, Minggu (15/4/2018).

Tes IVA adalah salah satu pencegahan dini kanker serviks mematikan. Setiap perempuan di mana saja harus melakukannya. Cara ini efektif dilakukan agar Indonesia bebas prevalensi kanker tahun 2030.

Di Asmat kegiatan tes IVA ini melibatkan lebih dari 200 orang peserta. Masyarakat sangat antusias dan menyambut hangat kedatangan RI 3 dan RI 29 itu.

Di samping tes IVA, ada pula sosialisasi tentang pencegahan penyakit TBC. Penyakit menular ini sangat rawan dialami penduduk yang tinggal di pemukiman padat.

TBC merupakan penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan dan paru-paru. Penyakit ini sudah banyak dialami oleh masyarakat di kota-kota besar, terutama yang tinggal di wilayah padat penduduk.

Pada kesempatan itu, Menkes Nila mengimbau masyarakat agar tetap melakukan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini penting agar setiap orang tahu pentingya Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).

"Masyarakat harus tahu Germas dan melakukan pola hidup bersih dan sehat," tambah Menkes Nila.

Mereka tidak hanya datang berdua, Presiden Joko Widodo juga ikut menyambangi masyarakat di Papua pada waktu yang sama. Dia menyempatkan waktu untuk mengunjungi anak-anak di Kabupaten Asmat. Mengingat tempat itu, akhir tahun lalu heboh dengan isu gizi buruk dan wabah campak melanda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini