nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miss V Terasa Sudah Tidak Lagi Rapat saat Bersenggama, Ini Penyebabnya

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 15 481 1886892 miss-v-terasa-sudah-tidak-lagi-rapat-saat-bersenggama-ini-penyebabnya-BhCaaViYuS.jpg Ilustrasi (Behappytips)

BANYAK pria mengeluh Miss V istrinya kendur setelah hamil dan melahirkan. Tapi sayang, keluhan ini jarang disikapi dengan baik oleh pasangan suami-istri.

Terkadang suami memilih wanita lain atau yang fenomenal dikenal pelakor. Pasti ini sangat menyakitkan pasangan perempuan yang sudah setia dengan sang suami.

Maka itu, seorang wanita harus pintar menjaga diri dan merawat asetnya, seperti Miss V. Sejak muda, organ intim itu harus dijaga kesehatan dan kebersihannya.

Supaya tidak penasaran mengapa Miss V bisa kendur setelah melahirkan, Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Nina Martini Somad, SpOG menjelaskannya. Miss V kendur merupakan satu hal yang normal. Penyababnya karena penuaan dan berkurangnya kolagen dalam tubuh, seiiring bertambahnya usia.

"Perubahan organ pelvis wanita berhubungan dengan proses penuaan. Penuaan itu terjadi di semua manusia. Penyebabnya karena hormonal, kehamilan, trauma, obesitas, aktivitas fisik berat akan mempengaruhi pelvis wanita," terang dr Nina dari Klinik Amaryllis di Bekasi, Minggu (15/4/2018).

Dia menyebutkan, mulai usia 25 tahun, seorang wanita sudah mengalami proses penuaan. Setiap satu tahun, turun satu persen. Akibatnya, meski usia masih muda, sering mengalami keluhan Miss V kendur dan penuaan kulit.

Pada mulanya, ukuran Miss V kecil dan rapat. Tapi karena hamil dan melahirkan kepala bayi yang ukurannya sekira 9 cm, jadi akan kendur secara alami. Penelitian Dokter Budi Iman Santoso SpOG menyebutkan, bayi yang lahir 3,3 kilogram ke atas pasti bisa sebabkan kerusakan otot Miss V.

Namun, perempuan tidak bisa merasakan Miss V kendur. Bersamaan dengan itu, otot penyokong dari Miss V sampai ke panggul akan mengendur.

"Saat proses persalinan, jaringan yang menyokong Miss V dan rahim itu terjadi saat usai bersalin. Wanita tidak merasa sakit, tapi rahimnya tiba-tiba ada di luar Miss V, membahayakan," bebernya.

Apalagi kalau seorang wanita sudah menghadapi menopause. Setelah menopause estrogen menurun dan berkurang produksinya. Kolagen pun rendah, jadilah Miss V kendur.

"Mencegah sangat penting sekali supaya tidak menyebabkan Miss V kendur. Salah satu yang terbukti yaitu dengan kegel. Semua wanita harus bisa melakukan ini," tambahnya.

Kegel bisa dilakukan setidaknya 10 menit dalam sehari. Tapi tekniknya jangan sampai salah, supaya lebih bermanfaat. Wajib dicoba ya, Ladies!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini