nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Pakai Sabun dan Kosmetik Khusus Miss V Sebabkan Gatal Tak Nyaman

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 18:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 15 481 1886901 sering-pakai-sabun-dan-kosmetik-khusus-miss-v-sebabkan-gatal-tak-nyaman-lI4th49JCW.jpg Miss v (Foto: Boldsky)

MENJAGA kebersihan Miss V sangat wajib dilakukan oleh setiap wanita. Kalau tidak, sudah pasti banyak masalah kewanitaan yang mengganggu.

Pasti Ladies pernah mengeluhkan Miss V gatal, kering, nyeri, gangguan haid, keputihan, sensasi terbakar, dan masalah lainnya. Gangguan ini kerap terjadi, tapi jarang diperhatikan, apalagi mencegahnya.

Spesial Obstetri dan Ginekologi dr Rikka Mulya Wirman SpOG dari Klinik Amaryllis Bekasi menjelaskan, Miss V yang kondisinya tidak selalu higienis, pasti mempengaruhi kesehatannya. Biasanya keluhan itu paling dirasakan saat berhubungan intim.

"Kalau Miss V gatal, biasanya karena alergi sabun, pakai celana dalam bahannya tidak menyerap keringat, sering pakai vagina spray, obat-obatan, karet kondom, pembalut, toilet paper, sampai penggunaan handuk," ujar dr Rikka saat ditemui di kawasan Summarecon Bekasi, Minggu (15/4/2018).

Selain karena produk kosmetik organ intim, keluhan Miss V gatal juga bisa dipengaruhi karena tumbuh jamur di bagian organ vital. Ini terjadi karena aset kewanitaan Anda dibiarkan sering lembab, jarang mengganti celana dalam, malas ganti pembalut saat darah menstruasi banyak keluar, dan sebagainya.

Banyak sekali wanita mengeluh mengalami Miss V gatal tapi dibiarkan saja. Termasuk terkecoh dengan iklan produk yang mengiming-iming sehatkan Miss V.

"Apa yang dipakai sehari-hari menimbulkan efek luar biasa, termasuk produk sabun atau kosmetik khusus kewanitaan," imbuh dr Rikka.

Karenanya, dr Rikka menyarankan agar setiap wanita menjaga kebersihan organ intim dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk menghindari sabun khusus organ intim karena ternyata dapat merusak pH. Selain itu, Anda juga harus sering mengganti celana dalam yang lembab. Di samping itu, konsumsi makanan sumber antioksidan dan minuman suplemen yang mengandung tinggi kolagen.

Ingat ya, bertambahnya usia, Ladies sangat rentan mengalami masalah penuaan Miss V. Hal ini tentu harus dicegah supaya tetap nyaman beraktivitas dan melayani suami dengan baik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini