nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warna Kulit Ketiak Gelap Bikin Minder? Atasi dengan 5 Tips Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 16 April 2018 12:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 16 194 1887119 warna-kulit-ketiak-gelap-bikin-minder-atasi-dengan-5-tips-ini-ca3Ll9oTqP.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

BAGIAN ketiak sehari-harinya memang lebih sering ditutupi. Mengingat lebih sering ditutupi oleh pakaian, terkadang kita menjadi kurang memperhatikannya dengan melakukan sederet kebiasaan yang kita tidak sadari yang justru membuat kecantikan ketiak menjadi berkurang dan gelap menghitam.

Kebiasaan simpel seperti mencabut bulu ketiak alias shaving, menggunakan baju ketat sehingga menimbulkan gesekan di kulit, hingga kebiasaan menggunakan deodoran atau antiperspirant secara berlebihan dapat menjadi faktor penyebab kulit ketiak menjadi gelap.

Lalu apa yang bisa dilakukan sebagai solusi masalah ketiak yang menghitam ini? Menyitat Healthkart, Senin (16/4/2018) berikut ulasan lima tips dalam memutihkan kulit ketiak yang bisa dicoba:

1. Waxing

Salah satu penyebab utama yang membuat warna kulit ketiak menghitam ialah menyukur bulu ketiak, alias shaving atau menggunakan krim pencabut bulu-bulu rambut. Alih-alih menggunakan metode cukur, sebaiknya memilih metode waxing. Memang efeknya akan terasa sedikit lebih sakit, namun waxing lebih bisa menghilangkan bulu-bulu rambut sampai di bagian akarnya sehingga membuat pertumbuhan bulu-bulu rambut jadi lebih merata sekaligus bekerja sebagai eksfoliator. Selain waxing, mungkin bisa dicoba juga cara lainnya yakni elektrolisis bagi yang berminat untuk menyingkirkan rambut ketiak untuk selamanya namun tidak membuat kulit ketiak jadi hitam.

 (Baca Juga: Unik! 6 Foto Pernikahan di Rusia Ini Bikin Geleng-Geleng)

2. Air perasan lemon

Salah satu cara efektif lainnya untuk mencerahkan warna kulit ketiak yang gelap, ialah dengan rutin menggosok-gosokkan air perasan lemon ke area kulit ketiak setiap harinya, setiap kali usai mandi, kemudian setelah itu jangan lupa untuk memakai moisturizer untuk melembutkan kulit . Lemon telah lama dikenal sebagai bleaching agent alami yang dapat membantu mencerahkan area-area yang dioleskan air perasa lemon. Jika mencoba cara ini, ada baiknya untuk sementara selama beberapa hari lewatkan saja dulu ritual menggunakan deodoran.

3. Kurangi pemakaian deodoran

Kita sudah tahu bahwa pemakaian deodoran bisa jadi alasan mengapa kulit ketiak warnanya jadi menghitam. Maka salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencerahkan warna kulit ketiak, ialah dengan menghindari pemakaiannya. Sebagai gantinya, cobalah metode alami untuk melawan bau badan selama beberapa hari, caranya Anda dapat mencampur soda kue dengan sedikit air dan bersihkan ketiak dengan larutan ini.

  (Baca Juga: Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari)

4. Kentang dan timun

Tahukah bahwa kentang juga berfungsi sebagai agen pemutih alami loh. Selain dengan air perasan lemon, Anda juga bisa menggosok kulit ketiak dengan kentang yang diiris tipis, atau parut kentang dan oleskan jus ke area yang kulit ketiak, biarkan selama lima belas menit lalu bersihkan. Cara yang sama juga bisa diterapkan dengan menggunakan jus timun.

5. Cendana dan air mawar

Satu lagi cara hebat lainnya untuk mengobati ketiak gelap secara alami adalah dengan membuat pasta cendana dengan air mawar. Cendana atau sandalwood yang punya properti mencerahkan akan dikombinasikan dengan air mawar yang dapat mendinginkan kulit sekaligus membuatnya lebih lembut. Setelah mengoleskan pasta di area kulit ketiak, diamkan pasta selama beberapa menit sebelum dibilas bersih. Agar hasilnya optimal, lakukan metode ini setiap hari.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini