Image

Minyak Kelapa Ampuh Atasi Ketombe dan Masalah Kulit Kepala Lainnya

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 05:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 194 1887281 minyak-kelapa-ampuh-atasi-ketombe-dan-masalah-kulit-kepala-lainnya-Na1UsBpEHZ.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MINYAK kelapa sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit seseorang. Tapi rupanya bahan alami ini juga dapat dipakai untuk menyehatkan rambut.

Bagi Anda yang punya masalah ketombe, rambut patah, rontok dan lainnya, Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa. Bahan alami ini digunakan untuk merawat rambut perempuan yang diwariskan nenek moyang dahulu.

Minyak kelapa sifatnya sama seperti serum, anti-keriting dan pelurus rambut. Bahan murni ini bisa diserap oleh rambut dan kepala dengan cepat. Selain itu, aman dipakai, karena tidak menimbulkan efek samping apapun.

Bahan ini juga bersifat antibakteri dan anti-mikroba yang bisa merawat kondisi kulit kepala. Minyak kelapa juga kaya asam lemak, yang menjaga rambut tetap lembut dan berkilau.

 (Baca Juga: Berhubungan Seks dengan Kekasih Mudanya, Legenda WWE Smackdown Terserang Stroke)

Selebihnya ada lima manfaat minyak kelapa yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Dilansir Boldsky, Selasa (17/4/2018), simak ulasannya sebagai berikut:

Mencegah rambut rontok

Perempuan selalu khawatir dengan masalah rambut rontok. Dengan menggunakan minyak kelapa, Anda bisa mengatasi rambut rontok. Minyak kelapa memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat membantu menyingkirkan masalah kulit kepala, yang mungkin telah menyebabkan rambut rontok. Bahan ini juga akan menguatkan folikel rambut, sehingga rambut baru akan tumbuh lebih cepat. Lakukan perawatan ini dalam waktu satu minggu sekali, untuk melihat rambut rontok berkurang dalam waktu satu bulan.

Obat ketombe

Daripada Anda menggunakan sampo anti-ketombe yang tak kunjung ampuh, lebih baik manfaatkan minyak kelapa. Tambahkan minyak daun teh hijau agar tahan lama dan mengurangi rasa gatal akibat ketombe. Caranya, pijatkan ke kulit kepala dan cucilah setelah satu atau dua jam. Lakukan perawatan ini selama dua atau tiga kali dalam seminggu, agar hasilnya terasa dengan cepat.

  (Baca Juga: Pertolongan Pertama pada Orang yang Mabuk Parah Akibat Minuman Beralkohol)

Cegah kerusakan rambut

Saat rambut Anda rusak dan rapuh, tandanya tidak sehat. Anda perlu mencampur sekira dua sendok makan minyak kelapa dan dua butir telur. Campurkan menjadi masker dan oleskan ke seluruh rambut Anda. Tutupi rambut Anda dengan shower cap dan diamkan selama satu jam. Sebelah itu, bilas rambut Anda sampai bersih dengan air hangat agar tak cepat rapuh.

Dukung pertumbuhan rambut baru

Terapi pijat akan meningkatkan sirkulasi darah, yang kemudian dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk memijat rambut. Agar makin kuat, Anda bisa menambahkan minyak lavender murni. Cara ini bisa mengurangi rambut rontok dan mendukung pertumbuhan rambut baru yang alami.

Kondisioner alami

Minyak kelapa adalah salah satu minyak yang paling bermanfaat dalam melembapkan rambut. Minyak ini dapat memberikan nutrisi terbaik untuk rambut Anda. Pakailah minyak kelapa sebagai kondisioner seusai keramas. Coba perhatikan bedanya jika Anda menggunakan kondisioner lainnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini