Image

5 Strategi Jitu Meyakinkan Orangtua jika Kamu dan Pasangan Sudah Siap Menikah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 16 April 2018 10:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 16 196 1887077 5-strategi-jitu-meyakinkan-orangtua-jika-kamu-dan-pasangan-sudah-siap-menikah-VfPv5qdSfA.jpg Pasangan Kekasih (Foto: Newlovetimes)

MENIKAH merupakan momen sakral yang dinanti-nantikan oleh semua orang. Maka tak heran jika sebagian orangtua cukup selektif untuk memberikan restu kepada anak-anak mereka. Ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi sebelum mereka merelakan anaknya kepada orang lain.

Jadi jangan heran, kalau tiba-tiba orangtuamu menolak meski kamu sudah merasa cocok dengan pasangan. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 5 tips meyakinkan orang tua pada pasanganmu, Senin (16/4/2018).

Ajak ke acara keluarga

Cara paling ampuh untuk mendekatkan sekaligus meyakinkan keluarga bahwa kamu serius menjalin hubungan dengan pasangan adalah membawanya ke rumah atau ke acara-acara keluarga. Jika hal ini baru pertama kali dilakukan, bantulah pasangan kamu untuk menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan oleh kedua orang tuamu. Momen-momen seperti inilah yang akan membuat mereka mengenal lebih dalam pasangan hidup yang telah kamu pilih.

Ceritakan hal-hal baik tentang pasanganmu

Semua orang tua tentu ingin melihat anaknya bahagia. Alasan inilah yang membuat mereka sangat selektif dalam memberikan restu. Mereka tidak ingin kamu jatuh pada orang yang tidak tepat. Oleh karena itu, selalu paparkan sifat-sifat baik pasanganmu agar perlahan mereka dapat menerima kehadirannya. Misalnya kamu bisa menggambarkan bahwa pasanganmu merupakan sosok yang berkomitmen dan bertanggung jawab.

Ceritakanlah pasang surut hubunganmu

Sebagian besar orang tua memiliki pertimbangan-pertimbangan tersendiri sebelum mereka rela melepas anaknya dipersunting oleh orang lain. Salah satunya adalah melihat keseriusan dan komitmen yang dimiliki oleh pasanganmu. Kamu bisa menceritakan apa saja masalah yang pernah dihadapi selama menjalin hubungan. Ceritakan pula bagaimana kamu dan pasangan menyelesaikan masalah tersebut. Ini sangat penting untuk meyakinkan kedua orang tua bahwa kalian memang benar-benar memiliki komitmen dan rasa tanggung jawab yang kuat.

Jelaskan rencana ke depan

Pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Akan ada banyak sekali masalah dan rintangan yang akan kamu hadapi. Apalagi kalau kamu dan pasangan belum memiliki perencanaan yang matang. Perlu diketahui bahwa semua orang tua tentu menginginkan anak mereka hidup bahagia. Dengan memiliki perencanaan yang matang, kamu sudah bisa membuktikan kepada mereka bahwa kamu serius menghadapi masa depan. Di sisi lain, hal ini akan mengurangi rasa khawatir mereka sehingga bisa melepasmu dengan ikhlas.

Tanyakan apa alasan mereka menolak

Jika usaha yang telah dilakukan masih belum cukup meluluhkan hati kedua orangtuamu, jangan sungkan untuk menanyakan apa alasan mereka menolaknya. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui apa saja hal-hal yang harus segera dibenahi sehingga kedepannya kamu bisa mendapatkan restu mereka.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini