Kate Middleton Akan Melahirkan Anak Ketiga, Inilah Makanan yang Dikonsumsi ''Royal Babies''

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 16 April 2018 15:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 298 1887214 kate-middleton-akan-melahirkan-anak-ketiga-inilah-makanan-yang-dikonsumsi-royal-babies-a8i1iZd8HD.jpg Kate Middleton dan Pangeran William (Foto: Nydailynews)

DALAM waktu dekat ini, Kate Middleton direncanakan akan melahirkan anak ketiganya. Berita tersebut sudah menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Inggris dan dunia. Bahkan tak sedikit yang menerka, seperti apa menu makanan atau asupan nutrisi yang akan diberikan pihak kerajaan kepada si calon bayi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus menilik terlebih dahulu tradisi dan adat istiadat kerajaan Inggris yang telah dilakukan secara turun temurun.

Memberikan ASI

Dilansir dari Metro.co.uk, Senin (16/4/2018), ternyata ada berbagai tradisi khusus yang telah dilakukan pihak kerajaan sejak beberapa abad lalu. Salah satunya dengan tidak memberikan ASI secara langsung kepada bayi yang baru melahirkan. Menyusui masih dianggap tabu dan dipandang sebagai hal yang sangat menjijikkan, tidak nyaman, dan berbahaya.

Para bangsawan atau perempuan kelas atas biasanya akan menunjuk seorang perempuan dari kelas atas lainnya, sebagai 'pengasuh basah' yang bertugas merawat dan memberi makan bayi mereka.

Ada beberapa larangan dan peraturan khusus yang wajib ditaati untuk menjadi pengasuh kerajaan. Calon pengasuh dilarang mengonsumsi bawang putih, rempah-rempah dan alkohol karena dapat mempengaruhi rasa ASI mereka.

Tidak hanya itu, pada abad ke-18, bayi-bayi umumnya disusui dengan menggunakan benda-benda runcing seperti tanduk dan puting sapi yang telah dipotong. Mereka kemudian diberi susu sapi atau kambing daripada susu manusia. Campuran madu dan air gula juga sering digunakan sebagai alternatif pada bulan pertama kelahiran. Selanjutnya para pengasuh akan memberikan bubur oatmeal, tepung, atau sereal yang telah dicampurkan ke dalam kaldu panas.

Untunglah pada abad ke-19, produk susu bubuk telah ditemukan. Tradisi dan kebiasaan sebelumnya pun mulai ditinggalkan, terutama ketika memasuki abad ke-20. Dengan kata lain, Putri Diana dan Kate Middleton diyakini sudah memberikan ASI secara langsung kepada anak-anak mereka.

Puree buah dan sayuran

Mantan juru masak kerajaan yang dikenal sebagai "The Royal Chef", Darren McGrady mengatakan bahwa kala itu Pangeran William dan Harry selalu diberi puree buah dan sayuran sebagai menu makanan sehari-hari mereka. Tapi jangan salah, ini bukan hanya sekadar olahan buah dan sayuran biasa.

Para pengasuh akan memilih buah dan sayuran kualitas terbaik sebelum mereka mengirimkannya ke dapur kerajaan. Buah yang sering digunakan terdiri dari apel dan pir yang diambil langsung dari kampung halaman Ratu Elizabeth. Buah-buah itu kemudian dikukus, dihaluskan, dan disaring sebanyak dua kali untuk menghilangkan bulir atau tekstur kasarnya.

Ketika bayi bertambah usia, The Royal Chef akan membuat olahan bubur yang berbahan dasar daging ayam, domba, atau daging sapi. Lalu dicampurkan dengan makanan pelengkap lainnya seperti kacang polong, wortel, dan kembang kol. Terakhir, bayi-bayi kerajaan juga akan diberi berbagai makanan organik.

Namun menurut pengakuan orang-orang terdekatnya, Kate cenderung kurang formal atau tidak selalu mengikuti saran dari pihak kerajaan. Jadi kemungkinan besar ia hanya akan meminta bantuan dari sedikit koki dan pengasuh, dan lebih mengandalkan saran ibunya, Carole Middleton.

Apapun makanan yang akan dikonsumsi calon bayinya, Kate harus memastikan telah memperkenalkan berbagai macam rasa kepada sang bayi sedini mungkin.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini