nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Ampuh Atasi Bosan dan Jet Lag saat Penerbangan Jarak Jauh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 16 April 2018 17:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 16 406 1887249 5-tips-ampuh-atasi-bosan-dan-jet-lag-saat-penerbangan-jarak-jauh-tMMyRuN8lR.jpg Ilustrasi (Foto: Thedailymeal)

MELAKUKAN perjalanan jauh dalam waktu lama memang tidak mudah dan bisa memicu stres. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, mulai dari posisi duduk yang tidak nyaman, hingga jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi selama penerbangan berlangsung.

Semakin jauh Anda melakukan perjalanan, semakin besar pula rasa bosan, cemas, dan lelah yang akan dihadapi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 5 tips ampuh menghadapi penerbangan jarak jauh agar tidak bosan dan badan pun tetap segar, sebagaimana dilansir dari The Daily Meal, Senin (16/4/201).

Bersikap ramah

Poin yang satu ini sebetulnya sudah menjadi kewajiban bagi kita semua ketika bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Namun, bersikap ramah saat melakukan penerbangan jauh ternyata memiliki banyak manfaat untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih menyenangkan. Contoh kecilnya menyapa para pramugari dan kru kabin yang sedang bertugas. Selain meningkatkan mood, mereka juga akan lebih antusias ketika melayani Anda.

Pesan tiket pesawat dari jauh hari

Kenyamanan datang dari perencanaan yang matang. Sebagian besar travelers memiliki preferensi tersendiri saat memesan kursi pesawat. Hal ini dilakukan demi menambah kenyamanan Anda selamat penerbangan berlangsung. Oleh karena itu, usahakanlah memesan tiket pesawat beberapa bulan sebelum keberangkatan agar Anda mendapatkan kursi yang ideal.

Bawalah bantal kesayangan

Meski sebagian besar maskapai menyediakan bantal khusus untuk para penumpangnya, namun biasanya bantal tersebut cenderung berukuran kecil dan tidak nyaman ketika digunakan. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa bantal kesayangan dari rumah sehingga kualitas tidur atau istirahat pun terjaga dengan baik.

Hindari konsumsi alcohol dan kafein

Seperti diketahui bahwa konsumsi alcohol dan kafein secara berlebihan justru dapat mengurangi kualitas tidur Anda. Jika sudah demikian, bersiaplah menghadapi gejala jet lag ketika Anda telah tiba di destinasi tujuan. Selain itu, alcochol juga dapat menyebabkan dehidrasi. Kopi di pesawat juga tidak disarankan, bahkan pramugari pun menolak untuk meminumnya.

Banyak minum air putih

Menyambung pemaparan di atas, melakukan penerbangan di atas udara diketahui dapat memicu timbulnya dehidrasi. Sehingga penting untuk meminum lebih banyak air putih sebelum lepas landas dan saat penerbangan berlangsung. Eits, tunggu dulu, belilah air kemasan di bandara mengingat air mineral yang dijajakan di atas pesawat dipercaya mengandung banyak bakteri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini