Asyiknya Berenang di Air Terjun Kali Banteng yang Punya 3 Tingkatan

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 16 April 2018 19:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 16 406 1887345 asyiknya-berenang-di-air-terjun-kali-banteng-yang-punya-3-tingkatan-rJA3RUm0qf.jpg Air Terjun Kali Banteng (Foto: Antarafoto)

BERBICARA mengenai daerah Kudus, Jawa Tengah mungkin Anda langsung teringat dengan industri rokok kreteknya. Akan tetapi, tahukah Anda bila di sana ternyata tersimpan banyak objek wisata yang keindahan alamnya luar biasa? Salah satunya adalah Air Terjun Kali Banteng.

Namanya mungkin belum begitu akrab di teling masyarakat. Namun kini air terjun itu mulai menjadi tujuan wisata karena keunikannya. Ya, di sana wisatawan bisa merasakan sensasi bermain di air terjun tiga tingkat sekaligus.

 BACA JUGA:

Wisata Bahari Sabang Terus Digenjot Demi Tarik Kunjungan Kapal Pesiar dan Yacht

Air terjun ini terletak di Desa Wisata Rahtawu Kudus, Kecamatan Gebog, tepatnya di lereng pegunungan Muria. Dengan ketinggian mencapai 20 meter, aliran air terbilang cukup deras. Walau begitu arus air di kolam bawahnya terbilang cukup tenang sehingga sering dimanfaatkan untuk berenang.

 

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Tingkatan pertama tepat berada di bawah air terjun dan memiliki kolam yang cukup lebar dan biasa didatangi orang dewasa untuk berenang. Tingkatan kedua dan ketiga berada di bawahnya dan terbilang cukup dangkal sehingga lebih banyak diisi oleh anak-anak yang ingin bermain air.

Aliran air yang jernih dan udara segar sekitar pegunungan membuat wisatawan rela berlama-lama menikmati keindahan alam air terjun. Bahkan ada beberapa wisatawan yang memanfaatkan aliran air terjun untuk pijat alami. Tapi jangan lupa untuk mengabadikan momen kunjungan ke sana karena latar belakangnya cukup indah untuk berfoto.

 

Untuk mencapai air terjun tingkat ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi. Aksesnya pun cukup mudah dan berjarak kira-kira 21 km dari pusat kota. Sesampainya di sana, wisatawan tidak langsung menemukan air terjun tiga tingkat. Wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu sekira 300 meter. Ingatlah untuk berhati-hati karena kondisi jalan yang cukup terjal. Walau terbilang melelahkan, namun semuanya itu akan hilang ketika melihat keindahan air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau.

Sekadar informasi, hingga saat ini Air Terjun Kali Banteng masih dikelola oleh warga sekitar yang tinggal di dekatnya. Mungkin itulah yang membuat tiket masuk ke objek wisata tersebut cukup murah. Hanya sekira Rp 3.000,- saja. Maka tak heran bila air terjun cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan maupun hari libur.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini