Keunikan Perhiasan Berdesain Kebudayaan Tradisional Indonesia

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 194 1887707 keunikan-perhiasan-berdesain-kebudayaan-tradisional-indonesia-62ysEzuEwD.jpeg Perhiasan (Foto: Pradita/Okezone)

SEPERTI make-up yang merupakan sahabat sejati kebanyakan wanita, begitu juga dengan perhiasan. Baik dalam berkegiatan sehari-hari, atau kesempatan acara-acara spesial, perhiasan dan wanita memang memiliki keterkaitan yang erat.

Well, bicara soal perhiasan biasanya kita akan langsung terpikir set perhiasan mulai dari cincin, kalung, gelang, hingga anting emas kuning, emas putih ataupun berlian dengan desain klasik seperti bunga-bunga ataupun model minimalis, seperti kebanyakan yang dirilis oleh lini perhiasan internasional ternama dunia.

BACA JUGA:

Pariwisata Jakarta Diharapkan Bisa Tarik Wisatawan Mancanegara seperti Bali

Namun ternyata jangan salah, set perhiasan emas pun bisa dirancang dengan desain yang mengusung tema tradisional khas Indonesia. Seperti yang akan ditunjukkan lini perhiasan lokal, Hartadinata dalam gelaran pameran perhiasan "Jakarta International Jewellery Fair 2018" pada 19-22 April 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) mendatang.

Desain tema tradisional khas Indonesia yang diusung ini cukup beragam, tidak hanya motif batik namun juga kekayaan alam dan budaya Indonesia lainnya, antara lain flora fauna Indonesia seperti hewan komodo, burung cendrawasih, loreng harimau, hingga aneka budaya Indonesia seperti motif batik Parang, motif batik Mega Mendung khas Cirebon, motif batik Kawung, ukiran Jepara, rumah adat Minangkabau dari Sumatera Barat, rumah Joglo khas Jawa Tengah hingga perhiasan dengan desain Candi Borobudur pun juga tersedia.

 

(Foto: Pradita/Okezone)

Tidak hanya itu, bahkan perhiasan yang dirancang dengan mengambil tema besar ragam senjata tradisional Indonesia juga tidak ketinggalan untuk dihadirkan. Misalnya kalung dengan liontin bentuk senjata Tameng khas Maluku, Kujang khas Jawa Barat dan Mandau dari Tanah Kalimantan, ditambah dengan set perhiasan dengan bentuk alat musik tradisional seperti saron, angklung, sampai bonang juga ada.

Menariknya, seperti penuturan Sandra Sunanto selaku Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk, rangkaian set perhiasan bertemakan tradisional khas Indonesia yang disebutkan di atas merupakan hasil tangan dingin para desainer perhiasan lokal, yang mana didominasi oleh lulusan sekolah menengah kejuruan.

"Kami bangga karena keseluruahn desain perhiasan emas unggulan ini dihasilkan oleh para desainer anak bangsa sendiri. Kualitas desain dan keindahan yang dihasilkan oleh para desainer lokal yang kebanyakan lulusan SMK ini tidak kalah dengan desainer luar negeri. Malah mereka ini lebih bisa menangkap kearifan budaya sendiri," papar Sandra kala ditemui, Selasa (17/4/2018) dalam acara "Dari Hartadinata Untuk Indonesia" di kawasan Senayan, Jakarta.

 

(Foto: Pradita/Okezone)

Sementara itu, menurut Sigit Purwanto selaku Head of Designer menyebutkan bahwa koleksi tema khas tradisional Indonesia yang dibuat dengan metode produksi casting ini dibuat terbatas alias limited edition walaupun secara garis besar set produk tema tradisional Indonesia telah jadi tema besar untuk koleksi sepanjang 2018 ini.

  (Baca Juga: Pernah Ditinggal Nikah, Para Artis Ini Buka Hati Kembali untuk Mantan)

"Tema produk sih ini continue untuk sepanjang 2018, tapi desain-desain yang diperlihatkan di sini yang mana untuk pameran nanti memang dibuat dengan konsep limited edition, terbatas jumlahnya," tandas Sigit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini